BERITA EKSKLUSIF: Kemas Ari Panji Sebut Ada Pergeseran Budaya

Jika budaya tersebut menghilang, maka hilang pula jati diri kita sebagai suatu bangsa.

BERITA EKSKLUSIF: Kemas Ari Panji Sebut Ada Pergeseran Budaya
ISTIMEWA
Budayawan Palembang, Kemas Ari Panji 

SEMAKIN tenggelamnya kesenian wayang Palembang di kalangan masyarakat, tidak terlepas dari dampak pergeseran budaya yang terjadi saat ini. Masyarakat Palembang khususnya anak muda lebih menyukai budaya luar dengan gaya keberatan-baratannya. Wong kito lebih bangga jika mengenakan atau tampil dengan gaya orang luar ketimbang budaya sendiri.

Seperti contoh, ketika ada suatu hajatan orang menikah pasti tuan rumah lebih memilih mengundang orgen ketimbang menampilkan wayang Palembang.

Kondisi seperti ini tentu saja sangat memprihatinkan, padahal budaya merupakan jati diri suaru bangsa. Jika budaya tersebut menghilang, maka hilang pula jati diri kita sebagai suatu bangsa.

Berbeda dengan Indonesia, negara melayu seperti Malaysia dan Brunei Darussalam sangat menonjolkan peran kebudayaan mereka yang digunakan dalam berbagai kegiatan mereka sehari-hari.

Jika ingin mempertahankan budaya, pemerintah harus peduli dan berperan utama untuk terus melestarikan kebudayaan asli Palembang. Selain itu, masyarakat juga harus empati terhadap dengan kebudayaan sendiri dengan mengundang wayang Palembang dalam sebuah hajatan.

Harapan kita pemerintah harus benar-benar peduli jangan hanya sebatas ngomong saja tanpa ada tindakan. Jika serius ingin mempertahankan budaya, pemerintah harus buat gerakan nyata seperti rajin menggelar workshop wayang atau membuat pelatihan menjadi seorang dalang. (oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved