Bandara Diselimuti Kabut Asap, Pesawat Sempat Berputar-putar 22 Menit

Jadwal penerbangan di Bandara SMB II Palembang mengalami terdampak kabut asap dikisaran pukul 06.00-07.30.

Bandara Diselimuti Kabut Asap, Pesawat Sempat Berputar-putar 22 Menit
TRIBUN SUMSEL
Kabut asap yang menyelimuti Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. 

PALEMBANG, SRIPO -- Jarak pandang yang kembali memburuk imbas kabut asap yang terjadi di Kota Palembang berdampak pada terganggunya jadwal penerbangan. Sedikitnya ada lima jadwal penerbangan yang terpaksa terganggu dikarenakan tidak dapat mendarat sehingga harus berputar (holding) di langit sembari menunggu kondisi jarak pandang landasan Bandara SMB II membaik, Rabu (2/10/2019).

Akibat kabut asap yang menyelimuti langit Palembang pada Rabu (2/10/2019) pagi penerbangan Maskapai Garuda dari Jakarta menuju Palembang harus tertahan (holding) sebelum melakukan pendaratan selama sekitar 22 menit.

Seharusnya pesawat dengan nomor penerbangan GA100 tersebut sudah harus tiba di bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, pada pukul 06:45 namun baru pada pukul 07:17 dapat mendarat.

"Pagi tadi pesawat PLM ke BKS kita punya bisa terbang dengan baik. Tapi pesawat JKT-PLM kita yang memang harus menunggu untuk mendarat," jelas General Manager Garuda Indonesia Cabang Palembang, Wahyudi Kresna, Rabu (2/10/2019).

Wahyudi mengatakan, penyebab terlambatnya pendaratan tersebut karena viaibility-nya masih 600 meter pada waktu pagi hari. Namun, menjelang siang diperkirakan penerbangan tidak akan mengalami hal serupa lagi.

"Sampai saat ini masih aman dan belum berimbas pada penundaan jadwal penerbangan lain pada hari ini," kata dia.

Kepala Kantor Air Navigation (AirNav) cabang Palembang, Ari Subandrio mengatakan, jadwal penerbangan di Bandara SMB II Palembang mengalami terdampak kabut asap dikisaran pukul 06.00-07.30.

"Pada pukul 06.00 WIB, tadi sempat jarak pandang 400 meter selanjutnya terus membaik sampai dengan pukul 7.30 pagi sudah 1.200 meter," ujarnya.

Ari mengatakan, sejumlah penerbangan pagi hari terpaksa mengalami dampak penundaan baik untuk take off maupun landing dari dan di Bandara SMB II Palembang. Adapun jadwal maskapai yang tertunda mendarat berputar (holding) sampai kondisi membaik.

"Satu diantaranya ada penerbangan rute internasional. Untuk itu dengan kondisi seperti pagi tadi kita dari AirNav mengeluarkan Notice To Air Men (Notam) untuk ke 23 kalinya selama kabut asap terjadi," jelasnya. (cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved