Human Interest Story

Domba Raksasa Sedot Perhatian Warga

Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi mengungkapkan bahwa Karnaval seni budaya dan pawai kendaraan hias ini merupakan rangkaian dari kegiatan HUT ke-62 Muba

Domba Raksasa Sedot Perhatian Warga
SRIPO/FAJERI RAMADHONI
Sejumlah peserta karnval budaya dalam memperingati HUT Muba yang memadati Jalan Kolonel Wahid Udin Sekayu, Muba. 

RIBUAN masyarakat Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tumpah ruah di Jalan Kolonel Wahid Udin, mereka rela berpanas-panas hanya untuk menyaksikan secara karnaval seni budaya dan pawai kendaraan hias dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Muba ke 63, Senin (30/9/19). Beragam bentuk yang ditampilkan, termasuk domba raksasa yang menjadi perhatian warga.

Karnaval budaya dan kendaraan hias dimulai dari depan RSUD Sekayu, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Drs Iskandar Syahrianto MH. Peserta karnaval berjumlah 38 regu dan Drumband 7 regu. Sedangkan pawai kendaraan hias yang terdiri dari , Sepeda hias 14 unit, Becak hias 2 unit, Motor hias 15 dan Mobil hias sebanyak 44 unit. Ribuan warga dan pelajar hadir menyaksikan barisan mobil hias dari atas trotoar dan halaman pagar kantor di sepanjang Jalan Kol Wahi Udin.

Sejumlah warga mendokumentasikan momentum itu dengan camera handphone masing-masing dan langsung dishare ke Media Sosial melalui akun milik pribadi.

Dari banyak kendaraan hias, sepertinya warga lebih fokus dengan kendaraan hias yang menampilkan hewan kambing atau domba dengan ukuran besar (raksasa) dengan nomor punggung 003 dari Dinas TPHP. Saat melintas di Jalan Kol Wahid Udin, ada jumlah warga yang sengaja selfie dengan background domba raksasa. Hari itu, warga sekayu benar-benar disajikan hiburan rakyat, terlebih beberapa gruo drumband tampil unjuk kebolehan di jalan.

Ketua Pelaksana Karnaval Budaya dan Kendaraan Hias, Drs Iskandar Syahrianto MH mengatakan, karnaval seni budaya dan kendaraan hias meliputi berbagai kategori penilaian yang hadiahnya berupa trophy dan uang pembinaan. Seperti pada Karnaval Seni Budaya dan Kendaraan Hias tahun sebelumnya, pemenang juga terdiri dari peserta penampilan terbaik 1,2, dan 3 dan juara harapan 1,2, dan 3.

“Karnaval ini menyambut HUT Muba ke 63, peserta karnaval sendiri berasal dari seluruh dinas, kecamatan, dan masyarakat umum,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi mengungkapkan bahwa Karnaval seni budaya dan pawai kendaraan hias ini merupakan rangkaian dari kegiatan HUT ke-62 Kabupaten Musi Banyuasin.

“Tujuan dari karnaval iniuntuk meningkatkan kecintaan pada kabupaten Muba, mendorong kreatifitas generasi muda dalam mengapresiasikan kecintaan tersebut melalui seni dengan menampilkan pola karnaval sesuai kreativitas masing-masing. Selain itu dapat mempererat tali silahturahmi antar sekolah, OPD, Kantor, Kecamatan, Organisasi, Bagian dan Masyarakat di Lingkungan Kabupaten Muba,” ungkapnya.

Beni juga mengatakan, pada perayaan hari jadi Kabupaten Muba merupakan momentum evaluasi dan sejarah, sejauh mana perkembangan Kabupaten Muba sejak berdiri hingga saat ini. Merupakan refleksi dan kilas balik pengabdian, kemudian melakukan intropeksi dan kaji ulang terhadap makna dan nilai kinerja tugas masing-masing untuk peningkatan pembangunan.

"Hari jadi dirancang bukan hanya sekedar peringatan seremonial, tetapi begitu banyak makna strategis sebagai hikmah dan semangat untuk pembangunan, untuk itu mari kita tingkatkan prestasi diberbagai bidang. Lomba karnaval kendaraan hias merupakan bentuk rasa syukur dan untuk menghibur masyarakat Kabupaten Muba yang tengah merayakan Hari Ulang Tahun ke 63. Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan ini dapat berjalan dengan tertib, semarak dan lancar," jelasnya. (dho)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved