Human Interest Story

Dodi Ikut Tangkap Ikan di Danau; Lestarikan Tradisi Bekarang Warga Batanghari Leko

Masyarakat tumpah ruah melihat Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin bersama warga turun ke Danau Siarak.

Dodi Ikut Tangkap Ikan di Danau; Lestarikan Tradisi Bekarang Warga Batanghari Leko
Sripoku.com/Ist
Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin ketika bekarang di Danau Siarak Kecamatan BHL, Muba. 

TRADISI tahunan di Danau Siarak Kecamatan Batanghari Leko (Muba) Tahun 2019 ini sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meriah dan ceria, itulah gambaran suasana tradisi Bekarang 2019, Minggu (29/9/2019).

Masyarakat tumpah ruah melihat Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin bersama warga turun ke Danau Siarak dan berkumbang lumpur menangkap ikan dengan cara menangkul. Cuaca cerah, menambah semarak tradisi tahunan karena ratusan pasang mata menyaksikan momentum tersebut.

Suasana ramai dan riang gembira tampak jelas di lokasi kegiatan Bekarang yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba. Kehebohan dan keceriaan bertambah pecah ketika Bupati Muba Dodi Reza didampingi istri tercinta Thia Yufada serta buah hati si kembar Aletta dan Atalie turun ke Danau Siarak untuk ikut Bekarang bersama warga Muba lainnya.

"Bekarang ini tradisi sejak nenek moyang kita dahulu. Harus kita jaga, ini juga jadi andil kita menjaga ekosistem di Sungai," ujar Dodi Reza saat membuka Kegiatan Bekarang dan Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2019 Dalam Rangkaian HUT Muba ke-63 di Danau Siarak Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko.

Dikatakan Dodi, dengan tradisi Bekarang sekaligus mengkampanyekan dan mengajak masyarakat untuk menangkap ikan dengan cara yang benar dan tidak merusak habitat di perairan.

"Meski Bekarang ini cara tradisional tapi kita sudah berperan menjaga habitat sungai, intinya menangkap ikan itu meski dengan cara tradisional maupun modern yang penting tidak merusak ekosistem," ujarnya.

Sementara Plt Kepala Dispopar, Muhamad Fariz SSTP menambahkan, kegiatan Bekarang 2019 merupakan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Muba ke 63. Disamping Bekarang 2019 pihaknya bersama Dinas Perikanan menggelar lomba masak ikan di Danau Siarak.

"Festival Bekarang 2019 ini meruapak tahun ketiga dilaksanakan, kegiatan ini merupakan Sport Tourism yang akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Tahun depan rencannya kita akan kembali menggelar kegiatan yang sama tentunya akan lebih meriah, selain itu akan diadakan lomba ikan terberat yang didapat," jelasnya. (dho)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved