Wawancara Eksklusif

50 Ribu Blangko Cukup Hingga Desember

Jajaran Polda Sumsel sendiri sudah melakukan uji coba di Polresta Palembang untuk penerapan Smart SIM tersebut.

50 Ribu Blangko Cukup Hingga Desember
TRIBUN SUMSEL/ARDIANSYAH
Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro menunjukan blangko Smart SIM yang sudah ada di Palembang, Selasa (24/9/2019). 

TEROBOSAN baru dilakukan oleh Polri dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas), dengan menerbitkan Smart SIM. Jajaran Polda Sumsel sendiri sudah melakukan uji coba di Polresta Palembang untuk penerapan Smart SIM tersebut.

Untuk pengajuan pembuatan SIM akan dilayani dengan Smart SIM tapi untuk melakukan perpanjangan masih akan diberikan jenis SIM yang lama.

Lalu apa keunggulan dari SIM jenis baru ini ? Apa bedanya dengan SIM yang lama ? Berikut petikan wawancara eksklusif wartawan Sriwijaya Post Yandi Triansyah dengan Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro, Selasa (24/9) di Kantor Ditlantas Polda Sumsel Jalan POM IX Palembang.

Kapan mulai diterapkan Smart SIM di jajaran Polda Sumsel ?
Sekarang sudah kita terapkan di Polresta Palembang. Untuk pembuatan SIM baru akan diberikan Smart SIM sedangkan untuk perpanjangan masih menggunakan SIM lama, sampai material SIM lama habis.

Apa bedanya Smart SIM dengan SIM yang lama ?
Kartu ini telah menjadi alat penting karena mampu menyimpan data pelanggaran, hingga bisa dijadikan alat transaksi untuk pembayaran.
Ada beberapa fitur tambahan Smart SIM ini, bisa diisi saldo e-money maksimal Rp 2 juta. Data lain yang akan termuat dalam SIM ini adalah data rekam jejak kecelakaan yang dialami si pengguna. Kemudian lebih jauh juga kita bisa mengetahui forensik kepolisian yang berkaitan si pengemudi.Smart SIM juga dapat berfungsi sebagai uang elektronik untuk membayar parkir, tol, maupun berbelanja.

Apa perbedaan fisik yang ada di Smart SIM ini ?
Kartu tersebut berwarna merah-putih, disertai tulisan "Indonesia" di bagian atas.
Kemudian tertera identitas pemilik SIM, yakni nama, tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, alamat, dan pekerjaanSalah satu foto berwarna, sementara satu foto lain berada di pojok kanan bawah, berukuran lebih kecil dan tidak berwarna.Di bagian belakang SIM pintar tersebut warnanya berlatar putih.

Kapan pengemudi bisa memperoleh SIM tersebut ?
Sampai material SIM lama habis. Dan sampai masa berlaku SIM lama habis sudah bisa mengajukan Smart SIM yang baru.

Bagaimana prosedur atau cara membuat Smart SIM ?
Pembuatan Smart SIM sama seperti pembuatan SIM pada umumnya. Pemohon bisa datang ke Satlantas Polres jajaran dengan membawa persyaratan.
Melakukan tes kesehatan, mengambil formulir pendaftaran, membayar bank, mengikuti tes tertulis maupun praktek, pengambilan foto dan penyerahan SIM yang sudah jadi.

Bagaimana keamanan dari Smart SIM ini ?
Karena ini belum dilengkapi PIN pengaman, sehingga bila Smart SIM ini hilang harus segera dilaporkan ke kantor polisi. Selain itu, meminta blokir dari bank tempat mengisi saldo agar saldo tidak hilang.

Berapa blangko yang kita siapkan ?
Untuk saat ini, sudah ada 50 ribu keping blangko Smart SIM yang akan di distribusikan ke Polres Jajaran. Dari blangko ini, bisa digunakan sampai bulan Desember.

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved