Bus Rosalia Indah Hantam Truk CPO - 27 Penumpang Tergilas, 8 Tewas 19 Cedera

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Lintas Tengah Sumatra (Jalinteng) KM 229 Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Waykanan, Senin (16/9), sekitar pukul 14.45 WI

Bus Rosalia Indah Hantam Truk CPO - 27 Penumpang Tergilas, 8 Tewas 19 Cedera
SRIPOKU.COM/Handout
Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah vs Truk Tangki CPO di Waykanan Gini Kronologinya 

SRIPOKU.COM, WAY TUBA - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Lintas Tengah Sumatra (Jalinteng) KM 229 Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Waykanan, Senin (16/9), sekitar pukul 14.45 WIB. Kecelakaan melibatkan kendaraan bus Rosalia Indah warna biru Nopol AD 1666 CE dengan truk tangki warna orange Nopol BE 9291 YJ muatan CPO yang dikemudiakan Joko (27) warga Lampung Tengah. Kedua kendaraan ini mengalami tabrakan. Akibatnya, 8 orang meninggal dunia.

Kasat Lalu Lintas Polres Waykanan, AKP Jafril, membenarkan kejadian tersebut.

Ini Pengakuan Sopir Bus Rosalia Indah yang Tabrak Truk Tangki CPO, Menewaskan 8 Orang dan 19 Luka

Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah vs Truk Tangki CPO di Waykanan 8 Orang Meninggal Gini Kronologinya

Ia mengatakan, peristiwa berawal ketika mobil bus Rosalia Indah yang berjalan dari arah Blambangan Umpu menuju Way Tuba melaju dengan kecepatan tinggi sementara jalan menikung dan menanjak.

Mobil bus kemudian hilang kendali dan oleng ke kanan. Seketika bus terguling di aspal dengan posisi tergelimpang. Pada saat bersamaan dari arah berlawanan datang kendaraan truk tangki warna orange. Truk tangki ini berjalan dari arah Way Tuba menuju Blambangan Umpu.

"Adu kambing tak terelakkan," katanya saat dihubungi via telepon, Senin malam.

Kondisi mobil tangki tersebut merangsek ke bodi bus yang terguling. Akibatnya, sopir mobil truk tangki meninggal di tempat. Sementara ada 8 penumpang bus yang meninggal di lokasi. ?"Kita sudah mengevakuasi korban kecelakaan," jelasnya.

Ari (45), kernet truk tangki minyak CPO menjelaskan, kecelakaan bermula ketika bus Rosalia Indah melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Bandar Lampung menuju Baturaja.Di tengah jalan bus terguling dan menghantam truk tangki. “Joko, yang sama saya di mobil tangki, meninggal ketika dibawa ke puskesmas terdekat,” tutur Ari. Joko tak lain sopir truk tangki.

Kasat Lantas Polres Waykanan, AKP Jafril menambahkan, korban yang selamat dari kecelakaan lalu lintas itu langsung dibawa ke Puskesmas Way Tuba dan rumah sakit OKU Timur, Sumatera Selatan."Semua korban baik yang selamat maupun meninggal sudah kami bawa ke rumah sakit dan puskesmas," katanya.

Adapun korban meninggal dunia yang berhasil dievakuasi sementara baru lima orang masing-masing Mujani warga Kabupaten Blitar, Sarpan warga kabupaten Ngawi Jawa Timur, Susanto warga Wonosegoro Boyolali, Slamet Riadi warga Kediri. Sementara sejumlah korban lainnya belum berhasil dievakuasi.

Sementara berdasarkan keterangan sopir bus Rosalia Indah Amin Saifudin (49) warga Salatiga Jateng ketika dikonfirmasi di RSUD Martapura mengatakan dirinya mengendarai mobil dari arah Lampung ke Muaraenim setibanya di lokasi kejadian bertepatan dengan turunan dan tikungan mobil mengalami oleng dan menghantam truk CPO yang sedang melaju sehingga menyebabkan mobil langsung terguling.

"Mobil oleng kemungkinan disebabkan oleh aspal yang keriting. Ketika mobil berbelok mobil oleng dan langsung menghantam truk CPO," katanya ketika diwawancarai.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya melalui Kasat Lantas didampingi Kanit Laka IPTU Ansyori membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya, korban laka lantas selain dibawa ke puskesmas dan RSUD wilayah Lampung juga dibawa ke RSUD Martapura.

"Korban yang dibawa ke RSUD Martapura berjumlah 27 orang dengan rincian delapan orang meninggal dunia dan 19 orang mengalami luka dan sedang dalam perawatan intensif," katanya. (hen)

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved