Buya Menjawab

Berniat Puasa Asyuro

Saya bangun saat sudah masuk waktu Subuh sehingga tidak sempat sahur dan saya ragu apakah semalam sudah berniat untuk puasa Asyuro atau belum. Apakah

Berniat Puasa Asyuro
Tribunnews
Ilustrasi - Puasa Asyuro 

SRIPOKU.COM - Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA, Allahumma sholli ‘ala Sayidina Muhammad, semoga Allah memberikan kesehatan bagi Buya. Saya bangun saat sudah masuk waktu Subuh sehingga tidak sempat sahur dan saya ragu apakah semalam sudah berniat untuk puasa Asyuro atau belum. Apakah sah puasa asyuro saya meskipun saya berniat saat terbangun tadi. Terimakasih. Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.
0812 1387xxxx

Simak Kelezatan Bubur Asyuro Yang di Buru Warga Setiap 10 Muharram

Tak Sembarangan Memasak Bubur Asyuro, Racik Bumbu Lima Hari Seperti Ini

Jawab:
Waalaikumussalama.Wr.Wb. Aamiin Yaa Allah. Apabila puasa fardlu misalnya Ramadhan, maka niat puasanya pada malam hari sebelum masuk waktu subuh (Fajar shidiq), sedangkan puasa sunnat dibolehkan berniatnya setelah masuk waktu subuh (fajar sidiq) berdasarkan riwayat bahwa Rasulullah Saw. bertanya kepada ibunda Siti Aisyah R.anha; “Apakah ada sesuatu yang dapat dimakan pagi ini?” Jawab Ibunda Siti Aisyah R. anha, “Tidak ada ya Rasul”. Jawab Rasulullah Saw.; ”Kalau begitu aku puasa.” (puasa sunnat).

Atas dasar tersebut puasa Asyuro yang berniat ketika terbangun dari tidur padahal sudah masuk waktu Subuh. sah adanya. Namun dalam kondisi tidak darurat sebaiknya puasa sunnat juga didahului dengan makan syahur sebelum terbit fajar, karena syahur itu barokah. (*)

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved