Gua Harimau Dilengkapi Laboratorium

Pemkab OKU telah menganggarkan untuk pembangunan jalan setapak menuju Gua Harimau.

Gua Harimau Dilengkapi Laboratorium
SRIPOKU.COM/ODI ARIA
Ekspedisi Sriwijaya temukan 82 manusia purba usia 4 ribu tahun di Gua Harimau. 

Gua Harimau Dilengkapi Laboratorium

PALEMBANG, SRIPO -- Pemerintah Provinsi Sumsel bakal lebih serius meningkatkan potensi wisata budaya di Gua Harimau dan objek wisata Gua Putri di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal mengatakan, terkait dengan pengembangan kawasan situs Gua Harimau tahun 2019, Pemkab OKU telah menganggarkan untuk pembangunan jalan setapak menuju Gua Harimau.

"Museum purbakala tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti laboratorium dan ruang pamer," ujarnya, Rabu (11/9).

Ia menjelaskan, selanjutnya Pusat Cagar Budaya Dan Permuseuman (PCBM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah memproses pembangunan Museum Purbakala Gua Harimau yang dibangun di kawasan Gua Putri. Proses pembangunan masih berlangsung mendekati 100 persen.

"Untuk Gua Putri telah dibangun museum dan prosesnya tengah mendekati 100 persen," jelas Aufa.

Situs megalitik yang merupakan objek wisata khusus memang sejauh ini belum menjadi primadona para wisatawan. Maka itu pemerintah akan mengajak para budayawan, sejarawan dan pihak terkait lainnya untuk mendesain objek wisata tersebut menjadi lebih menarik.

"Perlu kita desain dulu bagaimana teknisnya. Kita perlu libatkan pihak terkait agar pelaksanaannya sempurna," katanya. (oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved