Rekrutmen Karyawan PTBA Ternyata Hoax

Beberapa hari terakhir beredar luas isu penerimaan karyawan PTBA melalui Sosial Media (Sosmed). Ternyata isu tersebut adalah hoax alias bohong. Pasaln

Istimewa
"Informasi itu tidak benar, saat initPTBA tidak melakukan rekruitmen lagi mulai SMK, D3 dan S1. Berita Itu hoax dan benar-benar penipuan." (Efensi/Humas PTBA) 

MUARAENIM - Beberapa hari terakhir beredar luas isu penerimaan karyawan PTBA melalui Sosial Media (Sosmed). Ternyata isu tersebut adalah hoax alias bohong. Pasalnya PT Bukit Asam hingga akhir Agustus 2019 ini tidak membuka formulasi lagi untuk rekruitmen karyawan baru secara terbuka, Minggu (1/9/2019) sehingga masyarakat diimbau tidak mudah percaya.

Belakangan ini beredar isu rekrutmen Bukit Asam untuk periode Agustus-September 2019. Rekruitmen tersebut menuliskan persyaratan tingkat S1, D3 dan SMK dengan IPK, Nilai TOEFL dan lain-lain. Begitupun jurusan pendidikan untuk S1 ada 13 jurusan, D3 ada 12 jurusan dan SMK ada empat jurusan. Sedangkan untuk lokasi tes yakni Jakarta dan Bali yang berkerjasama dengan Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri. Bahkan untuk menyakinkan pembaca, di dalam selebaran elektroniknya mencantumkan tulisan "Hati-hati Penipuan !, Rekrutmen ini tidak dipungut biaya apapun".

Beberapa warga yang menerima kiriman pesan tersebut, menyatakan diri untuk mengirimkan berkas lamaran secara online dan via post sesuai yang tertera dalam lembar pengumuman tersebut.

Namun beruntung, selebaran itu cemat diantisipasi pihak PTBA untuk mengantisipasi terjadi penipuan dan korban.Manager Humas PTBA Efensi, MInggu (1/9/2019) mengatakan, sepengetahuan dirinya hingga sampai saat ini, belum ada PTBA melakukan penerimaan sesuai yang disebarkan oleh orang tidak bertanggungjawab di Sosmed tersebut. PTBA melakukan rekruitmen tingkat SMK sekitar dua bulan yang lalu yang pendaftarannya sudah tutup melalui online dan saat ini tinggal tahap pelaksanaan tes. Selain itu, ada penerimaan melalui Kementrian BUMN tingkat S1 dan D3 yang saat ini sedang Bintal.

"Informasi itu tidak benar, saat ini tPTBA tidak melakukan rekruitmen lagi mulai SMK, D3 dan S1. Berita Itu hoax dan benar-benar penipuan," ujarnya.

Masih dikatakan Efensi, dan jika PTBA akan melakukan rekruitmen, pasti akan melapor dahulu ke Bupati dan Dinas. Tenaga Kerja. Untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan Bukit Asam dan PPJK Unsri.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved