Human Interest Story

35 Bonsai Juara Nasional Ikut Mejeng, Ada yang Ditawarkan Harga Rp 30 Juta

Dengan adanya tanaman bonsai, Anda akan bisa melihat keindahan pohon yang aslinya berukuran besar di dalam atau di halaman rumah sendiri.

35 Bonsai Juara Nasional Ikut Mejeng, Ada yang Ditawarkan Harga Rp 30 Juta
SRIPO/AHMAD FAROZI
Sebamyak 218 penggemar dan pecinta bonsai ikuti Pameran dan Lomba Bonsai di Taman Beregam Alun-alun Agropolitan Centre Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musirawas, Jumat (30/8/2019). Pameran dan kontes Bonsai ini digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Lubuklinggau - Musirawas. 

TANAMAN Bonsai adalah pohon yang dikerdilkan dan biasanya bisa ditanam dalam sebuah pot tanaman.Biasanya tanaman bonsai dibuat sebagai miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas untuk hiasan maupun sebagai tujuan pembelajaran. Dengan adanya tanaman bonsai, Anda akan bisa melihat keindahan pohon yang aslinya berukuran besar di dalam atau di halaman rumah sendiri. Dari sisi ekonomis, ternyata harga pohon bonsai, bisa lebih mahal.

Seperti kegiatan pameran dan lomba bonsai di Taman Beregam Alun-Alun Agropolitan Center di Kecamatan Muarabeliti, Kabupaten Musirawas (Mura), Jumat (30/8/2019 yang diikuti 218 penggemar dan pecinta bonsai. Pameran dan kontes Bonsai ini digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Lubuklinggau - Musirawas.

Ketua PPBI Cabang Lubuklinggau - Musirawas,dr Yudhi Arimansyah mengatakan, pameran dan kontes bonsai ini merupakan even lokal yang jadi agenda rutin. Dimana pesertanya sebagian besar dari wilayah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas.

"Tapi meski kita tidak menyampaikan undangan secara resmi, ada juga teman-teman dari luar daerah seperti Rejang Lebong, Bengkulu yang ikut even ini. Mungkin mereka dengar ada even ya mereka datang saja," kata dr Yudhi Arimansyah, kepada sripo di sela-sela kegiatan.

Dikatakan, jumlah peserta even ini sebanyak 218 peserta dengan peserta ekshibisi sebanyak 35 peserta. Untuk peserta biasa ikut di kategori bonsai jadi dan bonsai bakalan atau calon bonsai. Sedangkan peserta ekshibisi menampilkan bonsai-bonsai yang permah menjuarai tingkat nasional dan masuk dalam kategori best 10 nasional.

"Karena kita sifatnya even lokal ya untuk bonsai bakalan boleh diikutkan, tak hanya bonsai yang sudah jadi. Sedangkan yang kategori ekshibisi, itu rata-rata bonsainya sudah pernah tampil tingkat nasional dan sudah dapat bendera merah, masuk dalam best 10 nasional. Harganya relatif, dikisaran Rp25-30 juta," katanya.

Dikatakan, bonsai yang dipamerkan dan dilombakan ini dari bermacam jenis tanaman. Seperti beringin, serut lokal, serut Jawa, anting putri, boksus, cemara, asoka dan berbagai jenis tanaman bonsai lainnya. "Hampir semua jenis tanaman bonsai ada," ujarnya.

Sementara Bupati Musirawas H Hendra Gunawan usai membuka pameran dan kontes bonsai mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya even kontes bonsai ini. Menurutnya, hobby memelihara dan merawat bonsai ini kegiatan yang positif dan dapat menghasilkan secara ekonomi.

"Saya dengar dari para pecinta bonsai, ternyata hobby ini juga bernilai ekonomis cukup tinggi. Karena rata-rata harga bonsai yang sudah jadi itu cukup tinggi. Artinya, kegiatan apa saja yang kita lakukan, asalkan tekun dan sabar pasti menghasilkan," kata H Hendra Gunawan. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved