Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Spiritualitas Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Tidak sulit melihat kaitan proses perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan peran ulama, para santri, semangat keagamaan dan spiritualitas Islam.

ist
DR. Abdurrahmansyah 

Spiritualitas Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

DR. Abdurrahmansyah

 Dosen UIN Raden Fatah Palembang

Tidak sulit melihat kaitan proses perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan peran ulama, para santri, semangat keagamaan dan spiritualitas Islam.

Hampir di semua daerah di In­do­ne­sia memiliki kisah-kisah heroik yang diperankan tokoh-tokoh agama atau ulama bahkan ada di­antaranya ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan seperti Imam Bonjol, Cik Di Tiro di Padang, Diponegoro,KH. Hasyim Asy’ari di Jawa, K.H.Syami’un di Banten, KH. Noer Ali di Makasar, Syekh Yusuf al-Makasari yang berjuang di beberapa wilayah di Indonedia sam­pai ke Afrika dan seterusnya.

Bahkan di Palembang dalam bait-bait syair Perang Palembang (perang Menteng) 1819 di­gam­barkan betapa sosok Kemas Said -- juga seorang ulama menunjukkan sikap anti penjajah dan melakukan aksi kepahlawanan melawan tentara Belanda sampai syahid.

Selain Kemas Sa­id terdapat juga sosok Syekh Haji Zen --gugur dalam pertempuran perang Palembang.

Spirit anti kolonial ini secara internasional juga digerakkan bersama-sama oleh para jamaah haji dari seluruh dunia saat berada di Mekkah seiring dengan keinginan semua negeri-negeri muslim untuk lepas dari cengkeraman penjajah Barat.

Semangat anti penjajah memang sejak awal ditanamkan di kalangan pesantren dan majelis-majelis pengajian para ulama sehingga membentuk sebuah karakter perlawanan yang sangat massif dari kalangan santri untuk membenci dan menolak keberadaan bangsa asing di negeri ini.

Seiring dengan perkembangan waktu, sering terjadi pecah kontak fisik antara para santri de­ngan tentara Belanda di beberapa wilayah.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved