Tingkatkan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

Musim kemarau diprediksi lebih lama dan kuantitas panas di setiap daerah di Indonesia berbeda. Untuk itu, kami masyarakat Sumsel berharap aparat atau

Tingkatkan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan
Sriwijaya Post edisi cetak
Tingkatkan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan. 

SRIPOKU.COM - Musim kemarau diprediksi lebih lama dan kuantitas panas di setiap daerah di Indonesia berbeda. Untuk itu, kami masyarakat Sumsel berharap aparat atau dinas terkait meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Apalagi, dari berita yang kami baca, titik api di Sumsel ini bertambah. Jangan sampai, hanya karena perbuatan sejumlah oknum, masyarakat banyak yang menjadi korbannya.

Fokus Pada Karhutla, Bertemu Anggota Wantimpres Herman Deru Titip Pesan Untuk Presiden

Karhutlah Dekat Jalan Tol Palindra, Hasil Penyelidikan Kabid Humas Polda Sumsel Klaim Karena Cuaca

Dengan peningkatan kewaspadaan, mungkin bisa dilakukan seperti ketika perhelatan Asian Games lalu, bencana kabut asap kami yakin tidak akan melanda Sumsel. Apalagi, jika beragam imbauan yang sudah dilontarkan pejabat terkait juga disertai dengan sanksi pidana sehingga yang akan melakukannya bisa berpikir berkali-kali sebelum bertindak.
0852733708xx

Jawaban
Sebaran titik panas (hotspot) di Provinsi Sumatera Selatan memang terus bertambah. Berdasarkan data hotspot Lapan pada 28 Juni pukul 06.00 sebaran hotspot menjadi 35 titik yang tersebar di beberapa daerah yakni di Banyuasin 2 titik, Lahat 3 titik, Muara Enim 3 titik, Musi Banyuasin 4 titik, Musi Rawas 4 titik, dan Penukal Abab Lematang Ilir 19 titik.

Maka dari itu, BPBD telah menerjunkan tim darat untuk melakukan pengecekan dan hasilnya belum terdapat area terbakar baru. Kita tetap waspada untuk menjaga area lahan tersebut.

Guna mengantisipasi terjadinya karhutla, BPBD Sumsel sudah mensiagakan sebanyak 4 helikopter untuk waterbombing. Yakni 1 heli WB Mi-8 UR-CNC, Mi-8 RA 22583, Mi-8 RA 22747 dan Mi-8 RDPL 34140.

Di tahap pertama sudah ada tiga heli, kemudian Sumsel dapat bantuan heli lagi dari BNPB satu heli untuk waterboombing di area terbakar. (cr26)

Ansori
Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved