Mengapa Pembalut dengan Pewangi Tidak Dianjurkan?

Sebagian perempuan senang menggunakan pembalut atau tampon dengan pewangi. Alasannya, mungkin agar area kewanitaan tetap bersih dan terhindar dari bau

SRIPOKU.COM - Mungkin agar area kewanitaan tetap bersih dan terhindar dari bau tak sedap di masa menstruasi. Sehingga sebagian perempuan senang menggunakan pembalut atau tampon dengan pewangi. 

Padahal, vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sehingga tak membutuhkan pembersih apapun, seperti sabun, parfum atau bahan kimia lain, untuk menjaganya tetap bersih.

Ternyata Ini 3 Cara Memilih Pembalut Wanita yang Baik!

Awas, Pembalut Wangi Berbahaya untuk Vagina

Artinya, pembalut berpewangi sebetulnya tak dibutuhkan untuk mencegah area kewanitaan dari bau tak sedap saat menstruasi.

Menambahkan bahan kimia dan pewangi pada salah satu area sensitif perempuan itu justru bisa berdampak buruk.

"Anggapan bahwa area kewanitaan bau dan butuh dibersihkan adalah tidak benar," kata spesialis Obestetri & Ginekologi, Patricia Yost, MD.

Ia menambahkan, selama bertahun-tahun anggapan yang salah tersebut diyakini oleh sebagian perempuan. Tidak hanya menyebabkan stres yang tidak perlu, anggapan tersebut juga berbahaya untuk terus disampaikan.

Lalu, mengapa penggunaan pembalut berpewangi tidak dianjurkan?

1. Mengganggu proses alami
Area kewanitaan memiliki lingkungan yang rentan, sehingga penggunaan produk kewanitaan bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik dan buruk di sana.

Bahan kimia dari produk tersebut juga bisa mengganggu keseimbangan pH di area kewaanitaan.

Bakteri baik pada area kewanitaan berfungsi melindungi dari infeksi dan organisme penyebab penyakit, seperti bacterial vaginosis andan infeksi ragi (yeast infection).

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved