Lapor Mang Sripo

Masih Hujan di Palembang

Apa memang saat ini masih musim hujan? Soalnya, sekitar dua hari ini, terus terjadi hujan. Kuantitasnya juga lumayan deras. Kalau kami tidak salah, se

Masih Hujan di Palembang
Sriwijaya Post edisi cetak
Masih Hujan di Palembang. 

SRIPOKU.COM - Untuk BMKG SMB II Palembang, apa memang saat ini masih musim hujan? Soalnya, sekitar dua hari ini, terus terjadi hujan. Kuantitasnya juga lumayan deras. Kalau kami tidak salah, sekarang kan diprediksi sudah mulai beralih ke musim kemarau.

Mohon informasinya, karena sampai saat ini kami belum balik ke tempat kerja karena masih dalam momen lebaran bersama keluarga di Palembang.
0823727299xx

Kapan Puncak Musim Hujan?

6 Tips Traveling Saat Musim Hujan, mulai Cek Prakiraan Cuaca Hingga Gunakan Tas Anti Air

Jawaban
Kami mengingatkan adanya hujan ringan hingga sedang yang relatif lama dan terjadi di hampir seluruh wilayah Sumatera Selatan hingga dini hari 11-12 Juni 2019 diakibatkan oleh faktor regional dimana angin Muson Timur (Muson Australia) yang memiliki kecepatan yang signifikan mengalami perlambatan akibat adanya belokan massa udara ke arah Laut Cina Selatan.

Musim hujan.
Ilustrasi - Musim hujan. (hidupsecarasehat.blogspot.com)

Hal ini menyebabkan wilayah Sumatera bagian selatan mendapatkan asupan uap air yang cukup signifikan untuk pertumbuhan awan dari perairan Laut Jawa dan sekitarnya. Awan yang yang terjadi cenderung tidak bersifat konvektif (awan dari pemanasan lokal) melainkan awan dengan ketinggian menengah yang dalam dunia meteorologi disebut Alto Stratus dengan indikasi menyebabkan hujan ringan yang cenderung lama. Biasanya masyarakat Sumatera Selatan menyebutnya hujan dengan langit putih.

Dampak lain dari kecepatan angin yang signifikan dari angin Timuran ini adalah terjadinya gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Waspada gelombang laut dengan tinggi mencapai 1,25 meter hingga 2,50 meter di Perairan Utara Pangkalpinang, Selat Karimata bag.Selatan dan Laut Jawa bag.Barat. Serta Waspada gelombang laut dengan tinggi mencapai 2,5 meter hingga 5,0 meter di Perairan Selatan Banten, Perairan Selatan Jawa Barat, Samudera Hindia selatan Jawa Barat dan Samudera Hindia selatan Banten. Jadi untuk perairan Selat Bangka dan Selat Gaspar (Belitung) relatif normal. (fiz)

Bambang Beny Setiaji
Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved