Tiket Sudah Ludes 26 Mei-11 Juni, Siapkan Gerbong Baru Layani Para Pemudik

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang memprediksi penumpang mudik dan balik lebaran naik 5-10 persen tahun ini.

Sriwijaya Post edisi cetak
Siapkan Gerbong Baru Layani Para Pemudik, Tiket Sudah Ludes 26 Mei-11 Juni 

PALEMBANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang memprediksi penumpang mudik dan balik lebaran naik 5-10 persen tahun ini.

Tiket KAI kelas ekonomi yang paling mendominasi pemudik, dari total 59.444 tiket yang disediakan, 34.980 tiket di antaranya berasal dari tiket kelas ekonomi.

Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran Belum Terlihat di Terminal Alang-alang Lebar Palembang

Cara Beli Tiket Kereta Api di Indomaret atau Alfamart dari Kasir & LCD, Buat Mudik Jadi Lebih Mudah

Manager KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, keberangkatan kereta api mulai H-10 atau 26 Mei 2019 mendatang sampai 14 Juni 2019 dari Kertapati ke Tanjung Karang sudah habis terjual. Begitu juga kereta jurusan Kertapati Lubuklinggau dari 26 Mei hingga 11 Juni 2019 juga sudah habis.

Penumpang yang tiba di stasiun kereta api Kertapati Palembang, Jumat (8/6)
Ilustrasi - Penumpang yang tiba di stasiun kereta api Kertapati Palembang, Jumat (8/6) (SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN)

"Kami masih melihat kesiapan sarana dan prasarana untuk menambah gerbong atau tidak. Kita prediksi tahun ini pemudik naik 5-10 persen," kata Aida, Senin (20/5) saat dihubungi.

Pada mudik tahun ini pihaknya akan menopersionalkan gerbong kereta baru. Rangkaian gerbong baru dari KA Limeks Sriwijaya.

"Detailnya nanti kami kabari saat launching, ini masih rahasia," kata dia. Aida mengatakan, memperhatikan hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KAI memperkirakan puncak Arus Mudik akan terjadi Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak Arus Balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3). "H-7 lebaran prediksi puncak arus mudik," kata dia.

Selama lebaran, PT KAI Divre III menyiapkan lima KA reguler dengan 2.702 tiket perharinya, dan 59.444 tiket untuk total keseluruhan, yaitu untuk KA Limeks Sriwijaya relasi Kertapati-Tanjungkarang PP, KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau PP (KA Komersial eksekutif dan bisnis). Lalu, Prabujaya Kertapati-Prabumulih PP dan KA kelas Ekonomi yaitu KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang PP, KA Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau PP. “KAI meminta agar masyarakat dapat mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019,” ujar Aida.

Dia mengingatkan bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak maka tiket yang ia pesan akan terjual kembali. “KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” pesan Aida. Dia berharap masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihannya pada Angkutan Lebaran tahun ini. (axl)

====

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved