Pemilu 2019

PDIP Kukuhkan Menjadi Pemenang Pileg 2019 di Muaraenim

Dari hasil perhitungan, ternyata PDIP masih mengumpulkan meraih suara terbanyak di Kabupaten Muaraenim dengan mendudukkan tujuh Calegnya

PDIP Kukuhkan Menjadi Pemenang Pileg 2019 di Muaraenim
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Suasana pelaksanaan arapat pleno, rekapitulasi suara Pileg Muaraenim, Sabtu (19/4/2014). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM,---Dari hasil perhitungan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muaraenim, ternyata PDIP masih mengumpulkan meraih suara terbanyak di Kabupaten Muaraenim dengan mendudukkan tujuh Calegnya sebagai anggota DPRD Muba periode 2019-2024, Selasa (14/5/2019).

Partai besutan mantan Presiden SBY yakni Demokrat, Golkar dan PPP menempel dengan raihan masing-masing sebanyak lima kursi yang akan mendapat jatah kursi Wakil Ketua DPRD Muaraenim.
Setelah itu diikuti Gerindra, Nasdem dan PKS yang masing-masing meraih empat kursi.

Lalu Hanura sebanyak tiga kursi, PKB dan PAN meraih dua kursi. Namun ada partai pendatang baru yang berhasil merebut kursi yakni Berkarya sebanyak dua kursi dan Perindo satu kursi. Sedangkan PBB hanya meloloskan satu kursi yang merupakan Petahana, sehingga total kursi yang diperebutkan sebanyak 45 kursi.

Diduga Kebal, Pengusaha Batubata di PALI Bergulat dengan 6 Perampok Bertopeng

Target 42 Menit, Waktu Tempuh LRT Dari Stasiun Bandara ke DJKA

Menurut Ketua KPU Muaraenim Ahyaudin, untuk hasil perhitungan perolehan suara para caleg dan parpol masing-masing memang sudah ada, namun untuk nama-namanya dan dari parpol mana, pihaknya belum bisa mengatakannya karena seluruhnya ada mekanisme dan tahapannya.

Dan jika sudah sesuai tahapannya pasti akan kami putuskan siapa saja caleg terpilihnya dan partai pemenangnya. Sesuai jadwal pleno ditingkat provinsi akan dimulai dari tanggal 8 hingga 22 Mei 2019.

Bawaslu Rekomendasikan Pembekuan 10 Petugas KPS, KPPS, PPK di Dua Kecamatan ke KPU

Tak Puas Diputus Sekadar Pelanggaran Kode Etik, Caleg DPRD Sumsel Hanura Lapor Bawaslu Sumsel & DKPP


“Siapa saja silahkan hitung sendiri, pasti sudah ada bayangannya. Kalau kami belum boleh mengatakannya karena nanti ada tahapannya," ujar Ahyaudin.

Adapun untuk jumlah kursi sebanyak 45 yang tersebar Daerah Pemilihan (Dapil) I sebanyak 12 Kursi (Muaraenim, Ujanmas, Benakat, Gunung Megang dan Belimbing), Dapil II alokasi 10 Kursi ( Rambang Dangku, Rambang, Lubai dan Lubai Ulu), Dapil III alokasi 11 Kursi ( Gelumbang, Lembak, Belide Darat, Sungai Rotan, Muara Belida) dan Dapil IV alokasi 12 Kursi ( Lawang Kidul, Tanjung Agung, SDL, SDT dan SDU).

Update Terbaru Kasus Vera Oktarina yang Tewas Dimutilasi, Motor Korban Diduga Masih Dikuasai Pelaku

Mawardi Pastikan Pekan Depan Jalan Putus Desa Lubuk Keliat Bisa Dilalui

Sementara itu Ketua DPRD Muaraenim Aries HB dari PDIP, mengaku bersyukur meskipun kursi PDIP menurun dari delapan kursi menjadi tujuh kursi, namun masih tetap yang terbanyak dibandingkan dengan Parpol lain.

Penurunan ini, sedikit banyaknya ada pengaruh dari Parpol baru yang berhasil meraih kursi di parlemen seperti Berkarya dan Perindo. Untuk itu ia berharap Caleg Terpilih bisa menyesuaikan dengan ritme kerja DPRD dan bisa bekerjasama dengan eksekutif.

"Saya akui, persaingan Pileg kali lebih keras dari pertarungan sebelumnya," ujar Aries yang sudah menjabat sebagai anggota DPRD empat periode ini.(ari)

Halaman
123
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved