Breaking News:

Buya Menjawab

Kata-kata Cerai Suami

Saudara saya sudah tiga kali dalam waktu yang berbeda setiap sesudah bertengkar dengan isterinya menyatakan: "Apa kita bercerai saja?" Lalu isterinya

Kata-kata Cerai Suami
YAHOO! FINANCE
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM - Assalamualaikum.Wr.Wb.
BUYA, saudara saya sudah tiga kali dalam waktu yang berbeda setiap sesudah bertengkar dengan isterinya menyatakan: "Apa kita bercerai saja?" Lalu isterinya menangis, kemudian menyesal dan berbaikan kembali serta berhubungan suami isteri lagi.

Terjebak Nostalgia, 7 Artis Ini Rujuk Kembali Meski Sudah Bercerai, Ada yang Rela jadi yang Kedua!

Meski Sudah Bercerai, 5 Selebriti Ini Masih Akrab dengan Mantannya, No Terakhir Liburan Bareng

Apakah mereka sudah jatuh Thalaq Buya? Mohon penjelasan. Terimakasih.
0812 788 XXXX.

Jawab:
Waalaikumussalaam.Wr.Wb.
KATA-kata yang menyatakan cerai itu ada yang disebut dengan shoreh dan ada yang kinayah. Shoreh contohnya; Engkau aku thalaq, engkau aku cerai. Apabila suami sudah berkata seperti itu kepada isterinya, maka sudah jatuh thalak walaupun dalam keadaan emosi (marah). Tetapi kalau ucapannya kinayah (sindiran) seperti; "Pulanglah ke rumah orang tuamu." Ucapan suami kepada isterinya seperti itu tergantung niatnya; Jika niatnya (dalam hati) bercerai, maka jatuh talak 1. Tetapi apabila niatnya untuk menenangkan hati saja (bukan bercerai), nanti setelah tenang dia akan jemput isterinya, maka tidak jatuh talak.

Mengenai ucapan saudara anda: "Apa kita bercerai saja?" itu berupa pertanyaan. Jika dijawab oleh isterinya iya, lalu kata suaminya; Sekarang engkau aku talak (cerai), maka jatuh talak 1. Namun apabila isterinya menangis mendengar pertanyaan suaminya tadi, lalu suami merasa menyesal dan berbaikan kembali, maka belum jatuh talak. Karena berupa pertanyaan bukan pernyataan.
Demikian penjelasan pertanyaan ananda. (*)

Keterangan:
Konsultasi agama ini diasuh oleh Buya Drs H Syarifuddin Yakub MHI.
Jika Anda punya pertanyaan silahakan kirim ke Sriwijaya Post, dengan alamat Graha Tribun, jalan Alamasyah Ratu Prawira Negara No 120 Palembang. Faks: 447071, SMS ke 0811710188, email: sriwijayapost@yahoo.com atau facebook: sriwijayapost

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved