Berita Palembang

Caleg DPRD Kota Palembang Ini Menghilang setelah Tak Menyediakan Makan untuk Undangan Pengantin

Keberadaan RIY alias Uut, calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Palembang kini hilsng bak ditelan bumi.

Caleg DPRD Kota Palembang Ini Menghilang setelah Tak Menyediakan Makan untuk Undangan Pengantin
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Komisioner KPU Palembang A Malik Syafei SAg MH 

Laporan wartawan sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Keberadaan RIY alias Uut,  salah satu calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Palembang kini hilang bak ditelan bumi setelah melakukan penipuan kepada pasangan pengantin ANG dan FDL.

Namun namanya masih tetap terpampang alias belum dicoret dalam Daftar Calon Tetap (DCT) caleg DPRD Palembang Dapil Palembang 1 nomor urut 8.

"Saya mau tanya apakah Caleg yang melakukan penipuan seperti RIY yang hingga kini menghilang dan heboh di medsos seperti itu masih bisa tetap nyalon. Apakah sudah dicoret?," tanya Tia, salah seorang warga yang membaca berita kasus RIY, Senin (4/2/2019).

Menjawab pertanyaan ini, Komisioner KPU Palembang Divisi Hukum dan Pengawasan A Malik Syafei SAg MH menyatakan pencoretan nama Caleg itu harus berdasarkan putusan hukum tetap.

"Pencoretan DCT terkait caleg yg berurusan hukum harus berdasarkan putusan hukum tetap," kata Malik.

Hingga kini diakui Malik hanya ada satu Caleg DPRD Kota Palembang atas nama Ansori dari Partai Perindo yang dilakukan pencoretan.

"Karena PNS dan belum mengundurkan diri (karena gugurnya salah satu syarat calon) di Dapil 4 Kota Palembang. Seorang Caleg bisa dicoret ini memiliki sebab. Antara lain lantaran meninggal dunia, putusan hukum dan gugurnya salah satu syarat calon. Itu berdasarkan PKPU No 20 tentang pencalonan;" terang Malik.

Ketua KPU Kota Palembang H Eftiyani SH menambahkan, terkait kasus ini menurutnya bagaimana bisa diproses untuk incrakh, hingga kini laporan ke pihak kepolisian saja tidak ada.

"Kalau Caleg soal catering itu sampai sekarang saja tidaj ada laporan polisinya," kata Eftiyani.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved