PTBA Bakal Bangun Bandara di Muaraenim, Begini Bentuknya

mendukung kinerja PT Bukit Asam (Tbk) dan Kota wisata Tanjungenim,mendukung kinerja PT Bukit Asam (Tbk) dan Kota wisata

PTBA Bakal Bangun Bandara di Muaraenim,  Begini Bentuknya
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Arvyan Arifin, Dirut PTBA 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Untuk mendukung kinerja PT Bukit Asam (Tbk) dan Kota wisata Tanjungenim, PTBA akan membangun Bandara Udara berserta fasilitas pendukungnya di Muaraenim, Minggu (4/3/2018).

"Lokasinya sudah ada dan dananya sudah dipersiapkan, tinggal pelaksanaannya saja," kata Direktur Utama Arviyan Arifin. 

Menurut Arviyan, saat ini, pihaknya sedang mengajukan dan mengurus perizinan ke Pusat untuk pembangunan bandara udara tersebut.

Nanti setelah dibangun fungsi bandara udara tersebut selain untuk melayani keperluan perusahaan, juga akan melayani komersial untuk masyarakat umum.

Dan mudah-mudahan setelah adanya bandara tersebut, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Muaraenim dan sekitarnya sehingga efektifitas dan kecepatan.

"Bayangkan saja, saya ingin ke Palembang bisa menghabiskan waktu empat jam, itu belum terkena macet.

Jadi belum apa-apa sudah capek duluan. Kalau ada pesawat paling hanya memerlukan waktu 15-20 menit ke Palembang," ujarnya.

Dikatakan Arviyan, untuk lokasi bandara itu ada beberapa alternatif dan sedang dikaji mana yang terbaik, efektif dan efisien, karena harus menentukan letak geografis, arah angin dan sebagainya sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Tetapi untuk lokasi pasti masih ada di wilayah Kabupaten Muaraenim khususnya Tanjungenim. Sedangkan dana yang dipersiapkan sekitar Rp 50 milyar, tergantung situasi dan kebutuhan.

"Kita akan menyesuaikan dilapangan, dan akan dibangun secara bertahap. Mudah-mudahan tahun 2019, lapangan terbang tersebut sudah bisa difungsikan," katanya.
Ditambahkan Direktur Operasi dan Produksi Suryo Eko, selain membangun lapangan terbang, juga akan dibangun sebuah jembatan lagi yang melintas di sungai Enim di Tanjungenim, semuanya adalah untuk mendukung operasional PTBA dan Tanjungenim sebagai Kota Tujuan Wisata.

Untuk lapangan terbangnya, pada tahap awal minimal bisa didarati pesawat ATR 42 yang melayani rute ke Palembang, bahkan bisa ke Jakarta.

Masih dikatakan Suryo Eko, untuk mendukung Kota Wisata Tanjungenim, selain membangun berbagai macam fasilitas umum seperti bandara udara, jembatan, taman-taman, tempat olahraga, museum, gapura Sriwijaya, dan sebagainya, juga akan memberikan pelatihan dan pemahaman kepada masyarakat Tanjungenim untuk ikut mendukung mewujudkan Tanjungenim sebagai kota wisata, sebab tugas ini adalah tugas bersama seluruh elemen masyarakat Kabupaten Muaraenim

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Odi Aria Saputra
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved