Breaking News:

Buya Menjawab

Cara Melakukan Sujud Sajadah

Ada lagi yang sering diperdebatkan soal sujud sajadah karena ada yang menganggap batal sholat sebab tambah rakaat.

Editor: Bedjo
ilustrasi
illustrasi. 

SRIPOKU.COM - Assalamualaikum.Wr.Wb.
MAAF Ustadz, ada lagi yang sering diperdebatkan soal sujud sajadah karena ada yang menganggap batal sholat sebab tambah rakaat. Terima kasih.
0812716xxxx

Berita Lainnya:  Ini Kesalahan Sujud yang Membuat Salat Tidak Diterima

Jawab:
Wassalamualaikum.Wr.Wb.
RASULULLAH Saw. apabila sholat Subuh pada hari Jumat, membaca surah Alif Lam Miim Assajadah dan melakukan sujud Sajadah atau Sujud Tilawah setelah membaca ayat ke lima belas.

Menurut Ulama Syafi'iyyah, Sujud Tilawah disebabkan tiga hal; yaitu membaca, mendengar dan tidak sengaja mendengar. Sujud Tilawah mempunyai dua rukun, yaitu niat bagi selain makmum, sedangkan bagi makmum maka niat imamnya cukup baginya. Rukun kedua adalah sujud satu kali seperti sujud dalam shalat. Bagi orang shalat niat sujud tilawahnya di dalam hati.

Adapun bagi orang diluar shalat maka ditambahkan tiga rukun lagi, yaitu takbiratul ikhram, duduk setelah sujud, dan salam. Untuk niat sunnahnya dilafadzkan.

Tata cara sujud Tilawah: bertakbir ketika turun dan bangkit, namun tidak disunnahkan mengangkat kedua tangan dalam sholat. Adapun di luar shalat maka sunnahnya mengangkat kedua tangan. Sujud tilawah dalam sholat tidak perlu duduk istirahat ketika akan bangkit dari sujud. Adapun yang dibaca dalam sujud adalah tasbih yang redaksinya berbunyi, "Subhana Rabbiyal a'la" sebanyak tiga kali. Kemudian ditambah doa

SAJADA WAJHIYA LILLAZII KHOLAQOHU WASHOWWAROHU WASYAQQO SAM’AHU WABASHOROHU TABAAROKALLAHU AHSANUL KHOOLIQIIN.

Artinya: "Aku perkenankan wajahku bersujud bagi yang menciptakan dan membaguskan ciptaanya, merelakan pendengaran dan penglihatannya terbelah. Maha Suci Allah Dzat sebaik-baik Pencipta".

Allah SWT. di dalam surah al-Insyiqaaq mencela orang-orang yang meninggalkan sujud, yang artinya: "Dan apabila Al-Quran dibacakan kepada mereka, mereka tidak bersujud." (Al-Insyiqaaq:21)

Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Umar ra. ia berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah membaca surah Al-Quran kepada kami. Kemudian ketika membaca surah as-Sajdah beliau sujud dan kami semua sujud, sehingga ada sebagian kami tidak mendapatkan tempat untuk sujud.(HR.Muttafaq alaih-Nailul Authar, Vol.III, hlm.100)

Halaman
12
Tags
sujud
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved