Kerupuk Kayuagung Asli Ikan Gabus, Rasa Ikannya Jelas Terasa

Cukup menyusuri jalan pinggiran Sungai Komering akan langsung terlihat toko bernama Toko Ema Mulyadi.

Penulis: Mat Bodok | Editor: Ahmad Sadam Husen
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Toko Ema Mulyadi menjual kerupuk dan kemplang ikan gabus. 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Kerupuk kemplang asli ikan gabus masih bertahan dan mudah didapat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kecamatan Kota Kayuagung, Kelurahan Paku, Jalan Kolonel Nuh Macan.

Cukup menyusuri jalan pinggiran Sungai Komering akan langsung terlihat toko bernama Toko Ema Mulyadi yang berukuran 6 meter lebar x 12 meter panjang, bersebelahan dengan rumah pribadinya, Minggu (5/8/2017).

Bagi Anda yang hendak menikmati kerupuk ikan gabus ini tidak sulit untuk mencarinya.

Dari Kota Palembang ke Kayuagung Pasar Shopping jarak tempuh melalui Jalan Lintas Timur (Jalintim) 69 kilometer, demikian ketika melintas di Jalan Alternatif Celikah Kayuagung-Palembang berjarak 79 kilometer.

Hj. Ucu Komariah membeli kemplang dan kerupuk untuk oleh-oleh pulang ke Pulau Jawa.
Hj. Ucu Komariah membeli kemplang dan kerupuk untuk oleh-oleh pulang ke Pulau Jawa. (SRIPOKU.COM/MAT BODOK)

Untuk menuju ke Toko Ema Mulyadi dari Pasar Shopping hanya berjarak 1 KM sembari menyusuri dan melihat keindahan cagar budaya yang berada dipinggiran sungai. 

Lebih dekat pula apabila Jalan Tol Kayuagung-Palembang selesai, anda hanya menghabiskan waktu di dalam perjalan 35 menit saja dengan panjang jarak tempuh 33 Kilometer.

“Untuk datang ke Toko Ema Mulyadi tidak sulit, apabila sudah tiba di Kota Kayuagung, cukup menyusuri jalan dipinggiran Sungai Komering langsung sampai,” kata Ema Mulyadi melalui karyawannya, Aisyah (58) didampingi Rosdiah Sibungsu (54).

Dikatakan Aisyah, bagi yang hobby makan kerupuk ikan gabus lidahnya tidak bisa dibohongi, sebab dilihat dari warna dan ketebalan rasa kemplang ketika digigit secara perlahan rasanya enak, gurih, renyah, dan higienis serta tebal ditenggorakan.

“Tentunya, kerupuk ikan gabus ini rasanya dan nikmatnya tak ada duanya,” ujar Aisyah seraya karyawan lainnya menyodorkan kerupuk ikan ke Sripoku.com untuk dicicipi rasanya.

Setelah Sripoku.com mencicipinya, rasanya terasa renyah, gurih, enak dan rasanya tebal ditenggorakan.

Rasa ikan gabusnya jelas rasanya.

kemplang3
(SRIPOKU.COM/MAT BODOK)

Kemplang ikan gabus ini, timpal Rosdiah, sangat berbeda dengan kemplang ikan lainnya, dilihat dari komposisinya seperti, air, garam, ikan gabus, dan sagu, bisa membuat Anda akan mengulang-ngulangi memakan satu-persatu kerupuk ikan gabus ini.

Sehingga setiap hari di meja makan Anda selalu ada kerupuk, kemplang, atau tekwan, goreng yang enak dimakan baik untuk bersantai maupun untuk lalap makan. 

Mengenai harga, kerupuk mentahnya dijual Rp 90 ribu per kiligram (kg), kemplang mentah Rp 90 ribu per kg, untuk tekwan mentah Rp 80 ribu per kg.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved