Lapor Mang Sripo

Penerapan Simda PNS Pemkot Palembang

Saya adalah salah satu pegawai lepas di lingkungan Pemkot Palembang yang bekerja belum lama ini. Beberapa hari lalu, saya mendengar kabar bahwa Pemkot

Penerapan Simda PNS Pemkot Palembang
YouTube
Ilustrasi - Simda PNS. 

SRIPOKU.COM - Saya adalah salah satu pegawai lepas di lingkungan Pemkot Palembang yang bekerja belum lama ini. Beberapa hari lalu, saya mendengar kabar bahwa Pemkot Palembang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang membuat terobosan baru, untuk meningkatkan disiplin pegawai. Kali ini, BK-PSDM Palembang akan segera menerapkan sistem informasi pegawai daerah dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Bagaimana sebetulnya informasi ini. Mohon penjelasan.
0918 7857 xxxx

Berita Lainnya:
Urus Kenaikan Pangkat dan Pensiun, PNS Dibantu Sistem Digital

Jawab
Pantau Kinerja Pegawai
Saat ini jumlah PNS Pemkot Palembang 12.415. Selama ini, sistem kepegawaian masih dilakukan dengan cara manual. Dengan aplikasi ini, maka akan mempersingkat waktu, sekaligus dapat memantau pegawai yang benar-benar bekerja. Terutama menerapkan e-Government mulai dari e-Budgeting, e-procurement, e-Audit, e-Catalog, sampai dengan cash flow management sistem. Nanti, BK-PSDM akan langsung bisa memantau kinerja pegawai. Termasuk soal absensi, kalau banyak terlambat atau beban kerjanya sedikit, akan berpengaruh pada Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP).

Tujuan lainnya dari penerapan sistem ini, terkait dengan pemberlakuan PP NO 11 tahun 2017 tentang manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), yang merupakan tindak lanjut dari UU ASN sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen yang profesional.

Sebagai progres dari keinginan yang kuat dari pemeintah pusat tersebut sudah kita respon sesuai dengan instruksi Walikota Palembang. Pada 14 Maret 2017 lalu. Di saat kami paparan. Dan sekarang kami realisasikan dalam bentuk rakor agar penerapan sistem informasi pegawai daerah kota palembang dapat segera dilaksanakan.

Untuk mematangkan persiapan ini secara komprehensif, kami sudah belajar dengan Pemerintah Kota Tangerang, Kota Semarang dan Kota Surabaya. Walaupun terkesan terlambat, tapi ada pepatah bilang lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Kami berprinsip, kita harus berubah barang siapa yang tidak mau berubah maka dia akan tergilas oleh kondisi dan realitas zaman. (saf)

Drs Ratu Dewa Msi
Kepala BK-PSDM Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved