Film Garapan Pelajar SMA Kumbang Masuk Delapan Besar

"Semuanya digarap oleh anak-anak, mulai dari naskah, akting, hingga editing atau finisihing gambar. Kita para guru hanya membimbing,"

Film Garapan Pelajar SMA Kumbang Masuk Delapan Besar
IST
Tim ekskul film SMA Kumbang ketika menjadi yang terbaik di Sumsel beberapa waktu yang lalu. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Akhir bulan lalu, tim ekskul film dari SMA Kumbang berhasil menembus delapan besar dalam acara yang digelar oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI (DJKI).

Prestasi yang digapai oleh Yvonne, Nisa, Killa, Tara Audria, dan Shafa ini tentunya mengharumkan sekolah tempat mereka menempuh pendidikan.

Dikatakan guru yang biasa membimbing ekskul film di SMA Kumbang, Surono, kelima siswi yang menggarap film berjudul Tanda Tangan itu sebenarnya memiliki persiapan cukup singkat, yakni satu hari satu malam. Film tersebut berdurasi sekitar empat menit dan dimainkan oleh kelima siswi.

"Semuanya digarap oleh anak-anak, mulai dari naskah, akting, hingga editing atau finisihing gambar. Kita para guru hanya membimbing," kata Surono, Selasa (9/5/2017).

Sebelumnya, Surono mengatakan, tim ekskul film SMA Kumbang pernah menjadi yang terbaik di wilayah Sumsel dalam ajang memperingati HUT Guru beberapa waktu yang lalu. Sejauh ini, ada sekitar 30 pelajar yang ikut ekskul yang sudah terbentuk sejak tiga tahun silam ini.

Mereka berlatih satu kali dalam sepekan dan baru akan intens apabila ada suatu perlombaan.

Untuk perlombaan yang di Jakarta, beber Surono, film Tanda Tangan yang digarap murid-muridnya sudah ditayangkan di beberapa mall dan bioskop di ibu kota. Selain itu, nantinya juga akan diberikan sertifikat dan bingkisan oleh panitia.

Disinggung tentang tema yang biasa diangkat, Surono mengatakan, biasanya tak jauh dari kehidupan sosial. Kebetulan, kebanyakan lomba yang diikuti memang mengedepankan kehidupan sosial.

Sebab itu, tempat pembuatan film tak hanya dari lingkungan sekolah, bahkan pernah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

"Dari pihak sekolah tentu ini hal yang membanggakan. Selain dari akademik, hal-hal kreatif seperti ini tentu menjadi hal positif yang disumbangkan oleh para murid untuk sekolahnya," kata Surono.(refly permana)

Editor: Refly Permana

Penulis: Refli Permana
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved