Lapor Mang Sripo

Kembangkan Konsep Smart City

Saya beberapa hari lalu membaca bahwa pemerintah kota Palembang akan menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dengan memfokuskan pada pengemba

Kembangkan Konsep Smart City
Palembang IT II - blogger
Ilustrasi, Taman Nusa Indah Palembang. 

SRIPOKU.COM - Saya warga kota Palembang yang selalu update perkembangan kota ini di berbagai media. Saya beberapa hari lalu membaca bahwa pemerintah kota Palembang akan menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dengan memfokuskan pada pengembangan konsep smart city. Benarkah ini, mohon informasinya.
0852 7858 xxxx

Berita Lainnya:  Telkomsel Tantang Generasi Muda Lahirkan Solusi Smart City dan Pedesaan

Jawab.
Upaya Berikan Pelayanan Terbaik
Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini fokus untuk kesejahteraan rakyat melalui peningkatan tata kelola pemerintahan yang bersih kakni dengan mengembangkan elektronik goverment.

Hal itu sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa Pemda berkewajiban untuk meningkatkan kinerja tata kelola pemerintahan dalam upaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh lapisan masyarakat.

Adapun kemajuan teknologi yang semakin canggih dapat mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan elektronik goverment melalui pengembangan Smart City. Dengan memanfaatkan teknologi Smart City ini akan mempermudah masyarakat mengakses informasi.

Melalui aplikasi ini, perkotaan yang telah terjamah teknologi komunikasi pintar dapat mengatur tata kelola pemerintahan, aset-aset pemerintah, dan menjalankan fungsi pelayanan. Dengan begitu masyarakat dapat melapor kepada pengelola pemerintahan tentang permasalahan di daerahnya seperti jalan rusak, persoalan sampah dan lainnya tanpa perlu mengirim surat melalui RT/RW, tetapi cukup melalui aplikasi.

Saat ini ada 542 daerah otonomi, di-34 Provinsi dan 93 kota. Berdasarkan evaluasi kinerja terhadap laporan penyelenggaraan pencapaian kinerja ada yang tinggi dan ada yang rendah. Pemkot Palembang sendiri diwajibkan meningkatkan kinerjanya dengan memanfaatkan potensi sumberdaya yang ada. Hasil penilaian yang diberikan pemerintah, harus dijadikan pelecut untuk meningkatkan mutu penyelenggaran pemerintahan di Kota Palembang.

Ada lima tujuan yang harus dicapai Pemkot Palembang ke depannya di antaranya mengefektifkan pelayanan dengan meningkatkan kualitas tata pemerintahan menuju pemerintahan yang bersih, prioritaskan progam pembangunan, meningkatkan daya saing ekonomi daerah, dan meningkatkan keterbukaan informasi publik.

Selanjutya untuk mendorong masyarakat berdaya saing maka kualitas pelayanan publik harus ditingkatkan dan masyarakat harus harus lebih diberdayakan. Selain itu dengan dua program yang diusung saat ini yakni gotong-royong dan salat subuh, setidaknya menjadi salah satu nilai tambah untuk Pemkot Palembang dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih. Semangat gotong royong yang kita aplikasikan sejak satu tahun belakangan banyak membuahkan hasil. Dan itu juga salah satu untuk menghemat anggaran. Terus gelorakan semangat gotong-royong. Terus tingkatkan safari subuh selain di 16 kecamatan juga di 107 kelurahan. Saya berharap kepada camat dan lurah untuk berinovasi bagaimana cara memakmurkan masjid, musala dan langgar yang ada. Dengan demikian peran serta jajaran pejabat di lingkungan Kota Palembang untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dapat dilihat oleh masyarakat. (saf)

H. Harnojoyo
Walikota Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved