Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah Ikuti OPAK

Suasana kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang tampak berbeda dari biasanya.

Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah Ikuti OPAK
SRIPOKU.COM/SITI OLISA
Suasana upacara pembukaan kegiatan orientasi pengenalan akademik dan kemahasiswaan (OPAK) UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (9/8) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Suasana kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang tampak berbeda dari biasanya.

Lapangan bola UIN Raden Fatah Palembang sudah dipadati mahasiswa baru sejak pukul 07.00 wib. Dengan pakaian seragam hitam putih, dikombinasikan kain di pinggang dengan jilbab putih untuk putri, kopiah hitam untuk putera.

Mahasiswa baru ini berbaris rapi pada upacara pembukaan kegiatan orientasi pengenalan akademik dan kemahasiswaan (OPAK), Selasa (9/8)

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Dr H Sirozi PHD, usai membuka acara, mengatakan kegiatan ini akan digelar selama tiga hari, mulai 9 – 12 Agustus mendatang. "Kegiatan ini diikuti oleh 3.883 dari sebelumnya yang mendaftar sebanyak 21 ribu calon mahasiswa," ujarnya.

Sirozi mengatakan, kegiatan OPAK ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dalam berdisiplin, serta membangun civitas akademika UIN Radeh Fatah Palembang yang berkarakter Islam.

"OPAK ini pengalaman pertama kita, Pasca berganti nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah oleh karena itu kami ingin memberikan sebuah perayaan berbeda bagi maba yang lulus, dengan menampilkan atribut sederhana tapi penuh makna," ujarnya.

Sirozi mengatakan, masa pengenalan kampus ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN yang dinyatakan lulus. Pasalnya, dalam OPAK kali ini banyak sekali perbedaan yang bisa dilihat, apabila dibandingkan dengan pelaksanaan orientaasi sebelumnya yang terbilang lebih umum.

Sementara itu, meskipun sudah menggelar upacara pembukaan untuk mahasiswa baru, pihaknya juga masih akan melakukan tes untuk jalur ke empat .

"Ada delapan fakultas di UIN Palembang, untuk empat jalur tes. UIN akan membuka lagi jalur mandiri dua, untuk kuota tambahan ini ada sekitar 300-400 mahasiswa pada 10 Agustus tesnya dan 13 Agustus nanti akan diumumkan.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved