60 Prodi di PTS di Sumsel Bakal Terimbas Program Kuliah Gratis

Ia berharap kualitas dan kuantitas PTS juga harus ditingkatkan, baik kualitas dosen hingga perekrutan calon mahasiswanya.

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Berkaca dari suksesnya Program Kuliah Gratis (PKG) di tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Sumsel, Gubernur Sumsel Alex Noerdin berjanji ke depan segera merealisasikan PKG ini di 60 Program Studi (Prodi) untuk perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Sumsel.

Menurutnya, perluasan PKG hingga ke PTS ini diharapkan mampu memberi kesempatan bagi mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Memang PKG baru kita gulirkan di kampus negeri seperti Unsri, Polsri dan UIN Raden Fatah. Karena secara kualitas dan kuantitas kami percaya. Namun tidak menutup kemungkinan ke depan untuk swasta akan kita bebaskan biaya kuliah di 60 prodi," ujarnya, Kamis (17/3/2016).

Ia berharap kualitas dan kuantitas PTS juga harus ditingkatkan, baik kualitas dosen hingga perekrutan calon mahasiswanya. Ia juga berjanji apabila ada mahasiswa terbaik pihaknya akan memberikan beasiswa sampai ke jenjang strata 3 (S3) ke universitas terbaik di luar negeri.

"Kami akan carikan dana bila perlu pakai APBD kita. Siapa yang terbaik bisa mengecam S3 keluar negeri. Hanya saja saya mau lihat dulu perguruan tinggi yang layak dinilai dari kualitas dan kuantitasnya," jelasnya.

Selain itu, syarat bagi PTS yang bisa mendapatkan PKG ini hendaklah memenuhi semua kriteria yang ditetatapkan. Seperti kelengkapan fasilitas, tenaga pendidik yang berkompeten, serta tersedianya 60 prodi yang dibutuhkan untuk pembangunan di Sumsel.

"Jika syarat-syarat tersebut terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan PKG akan kita perluaskan di lingkungan PTS," ungkapnya.

Penulis: Yuliani
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved