UKB Buka Fakultas Kedokteran

Pembangunan RS ini dilakukan bersamaan dengan kampus terpadu di daerah Jakabaring yang direncanakan selesai 2015 mendatang.

SRIPOKU.COM/DAMAYANTI PRATIWI
Gedung Universitas Kader Bangsa (UKB) di Jl. Mayjen HM Ryacudu No 88 Palembang. UKB sedang merencanakan membuka Fakultas Kedokteran tahun 2015 mendatang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Rencana Universitas Kader Bangsa (UKB) untuk segera membuka Fakultas Kedokteran (FK) semakin dekat. Syarat harus memiliki rumah sakit (RS) umum untuk FK mulai memasuki tahap pengerjaan. Pembangunan RS ini dilakukan bersamaan dengan kampus terpadu di daerah Jakabaring yang direncanakan selesai 2015 mendatang.

Sub bagian Kepegawaian dan Humas UKB Medy Purwanto SE ketika ditemui Sripoku.com, Selasa (13/8/2013) mengatakan dengan dibangunnya RS ini, semua syarat pembukaan fakultas baru sudah terpenuhi. "Saat ini sudah dalam tahap pengerasan tanah di sekitar 14 hektar lahan, diharapkan segera selesai sehingga FK UKB yang ditunggu masyarakat segera dibuka," katanya.

Mengenai program studi (prodi) apa saja yang akan dibuka di FK UKB, Medi mengatakan belum bisa merincikan. Hal ini disebabkan belum diadakan rapat koordinasi khusus untuk membahasnya. Namun, untuk jurusan pertama yang pasti ada yaitu prodi Kedokteran Umum.RS yang dibangun direncanakan merupakan tipe B karena dijelaskan Medy syarat minimal untuk RS umum tipe C.

"Kita merencanakan RS ini termasuk tipe B yang bisa melayani selama 24 jam dan memiliki beberapa poli sesuai aturannya," ujarnya. Dikatakan Medy, sebenarnya pengajuan permohonan untuk membuka FK ini sudah bersamaan dengan pengajuan FK Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP). Namun, dengan belum adanya rumah sakit yang dimiliki UKB, maka pengajuan itu belum diproses.

Selain persiapan secara fisik, UKB juga sudah mempersiapkan staf dosen yang akan mengajar di FK UKB. Diharapkan ketika RS yang dibangun sudah selesai, FK UKB sudah segera bisa dibuka dan perkuliahan dapat segera dimulai.

"Sedangkan untuk kampus terpadu nantinya akan digunakan untuk semua prodi yang ada di UKB, sementara itu kampus lama akan digunakan untuk kegiatan penelitian," tambahnya.

Saat ini sudah ada tujuh prodi untuk jenjang Diploma 3 (D3), lima prodi untuk jenjang S1, serta satu prodi untuk jenjang S2. Sementara itu, ditambahkannya UKB memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki Perguruan Tinggi (PT) lain di Palembang. Dapat dilihat dari adanya beberapa jurusan yang hanya ada di UKB.

"Seperti jurusan D3 Refraksi Optisi yang cuma ada di empat provinsi di Indonesia dan jurusan teknik rontgen yang hanya ada dua di Indonesia," ungkapnya. Meskipun begitu, jurusan unggulan dan yang paling diminati adalah fakultas keperawatan dan kebidanan. "Semua program studi yang ada juga sudah terakreditasi, laboratorium ada tempat sendiri, serta klinik," ungkapnya. (damayanti pratiwi)

Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved