Gembok Sel tak Terkunci; 30 Tahanan Polresta Kabur, Jebol Ventilasi, 8 Ditangkap 22 Masih Dikejar

Hujan deras yang turun Minggu (5/5) pukul 02.30 dimanfaatkan tahanan narkoba Polresta Palembang. Mereka menjebol ventilasi setinggi 2 meter dengan kay

Gembok Sel tak Terkunci; 30 Tahanan Polresta Kabur, Jebol Ventilasi, 8 Ditangkap 22 Masih Dikejar
Sriwijaya Post edisi cetak
Gembok Sel tak Terkunci; 30 Tahanan Polresta Kabur, Jebol Ventilasi dengan Balok, 8 Ditangkap 22 Masih Dikejar. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Hujan deras yang turun Minggu (5/5) pukul 02.30 dimanfaatkan tahanan narkoba Polresta Palembang. Mereka menjebol ventilasi setinggi 2 meter dengan kayu balok. Hanya butuh waktu 45 menit, 30 tahanan berhasil kabur.

Alangkah terkejutnya Aiptu Suryadi bersama Brigadir Aldo Febrianto setelah mengetahui mengetahui sel yang berisi tahanan narkoba telah kosong, Minggu (5/5) dinihari. Keduanya melakukan pengecekan setelah dipanggil salah seorang tahanan yang memberitahu ada tahanan yang kabur. Dari 40 penghuni sel, hanya 10 orang yang memilih bertahan di dalam sel.

UPDATE TERBARU 7dari 30 Tahanan Kabur Polresta Palembang Berhasil Ditangkap

5 Tahanan Kabur Diperiksa dan Petugas Piket Diambil Keterangan di Ruang Provos Polresta Palembang

Hingga semalam tim gabungan Polresta Palembang berhasil menangkap 8 tahanan.

Tahanan narkoba Polresta Palembang melarikan diri dengan cara memanjat dinding tahanan pakai ember bekas cat, Minggu (5/5). Sebelum kabur, tahanan kasus narkoba ini terlebih dahulu menjebol terali besi ventilasi yang berada di sudut ruang tahanan. Diduga, para tahanan ini kabur dengan menjebol terali besi ventilasi menggunakan balok kayu.

Kaburnya tahanan ini, baru diketahui petugas jaga tahanan sekitar pukul 02.50, setelah seorang tahanan memberi tahu petugas jaga bila ada tahanan yang kabur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sekitar Pukul 03.00 kepala jaga tahanan menelepon Kepala SPKT Polresta Palembang bahwa tahanan kabur dari sel. Kejadian ini, sekitar pukul 02.50 saat Aiptu Suryadi bersama Brigadir Aldo Febrianto dipanggil salah seorang tahanan yang tidak ikut melarikan diri.

Setelah mendapat keterangan dari tahanan, Aiptu Suryadi langsung mengecek masuk ke dalam sel tahanan dan di dapati satu sel tahanan sudah kosong. Sedangkan dua sel tahanan masih ada, namun posisi gembok pintu sel tahanan terkait ditempatnya tapi tidak terkunci. Setidaknya, diketahui ada sekitar 30 tahanan Polresta Palembang yang diketahui kabur.

Dari 3 sel tahanan Polresta Palembang, terdapat 40 orang tahanan. Dari 40 Tahanan di tiga sel tersebut, hanya tersisa 10 orang yang tidak melarikan diri. Sedangkan 30 tahanan lainnya kabur. Menurut Kabid Humas Polda sumsel Kombes Pol Supriadi menjelaskan, tahanan yang kabur berdasarkan laporan sementara berjumlah 30 orang.

"Laporan dari Kapolresta 30, saya mau cek langsung ke lapangan. Nanti dipastikan kembali. Ada 10 orang yang tidak kabur dan salah seorang tahanan yang memberitahukan bila ada tahanan kabur," ujarnya.

Untuk menangkap tahanan yang kabur, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara telah memerintahkan untuk membentuk tim pengejaran. Tim sudah dibentuk untuk langsung melakukan penangkapan terhadap tahanan yang kabur. Tim langsung bergerak cepat untuk melakukan penangkapan.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved