DPT Disoal, Aliansi Mahasiswa Kota Palembang Datangi KPU Sumsel, Tuntut Netralitas Pada Pemilu 2019

Dua hari menjelang Pemilihan umum (Pemilu) , Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), didatangi Puluhan mahasiswa yang tergabun

DPT Disoal, Aliansi Mahasiswa Kota Palembang Datangi KPU Sumsel, Tuntut Netralitas Pada Pemilu 2019
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Aliansi Mahasiswa Kota Palembang saat berorasi di gedung KPU Sumsel, Senin (15/4/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dua hari menjelang Pemilihan umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), didatangi Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kota Palembang, Senin (15/4/2019).

Aliansi gabungan yang terdiri dari berbagai Organisasi seperti Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia ( KAMMI), BEM, dan LDK ini menuntut agar KPU Sumsel dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap Netralitas selama Pemilu 2019 berlangsung.

Di depan Pintu Gedung KPU Sumsel, Koordinator Aliansi Mahasiswa Kota Palembang, Riki Saputra mengatakan, Pemilu 2019 berpotensi menjadi Pemilu terburuk apabila KPU Sumsel gagal mengatasi berbagai masalah yang terus bermunculan.

Pihaknya mempersoalkan, seperti adanya data yang invalid, ganda dan data yang tidak melalui proses Coklit (pencocokan dan penelitian) pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Adanya laporan DPT bermasalah diantaranya jumlah pemilih dengan tanggal kelahiran 1 Januari sebanyak 2,3 juta, kemudian jumlah pemilih kelahiran 1 Juli ada 9,8 juta dan Pemilihan 31 Desember sebanyak 5,4 juta. Setelah itu ditemukan pada sebuah TPS adanya 288 orang yang lahir pada tanggal yang sama," ujarnya.

Selain itu, kata Riki, maraknya surat suara rusak diberbagai daerah, juga harus menjadi perhatian dan menjadi pembelajaran serta tindakan preventif bagi KPU Sumsel.

"Bawaslu Maluku menemukan kerusakan surat suara di 10 Kabupaten/kota di Maluku sebanyak 316.785 lembar dan KPU DIY menemukan 27.282 Suara suara rusak. Kemudian sedikitnya 9.305 lembar surat suara Pemilu 2019 yang dikirim ke percetakan KPU Jombang, KPU Jatim dalam kondisi rusak," jelasnya.

Riki Menambahkan bahwa mereka datang ingin langsung berbicara kepada Jajaran tertinggi KPU, bukan perwakilannya.

Ia berharap KPU Sumsel harus bisa melakukan pengontorlan dan proses produksi secara ketat.

"Kami ingin bicara langsung dengan ketua dan wakilnya, kami ini sebagai tamu. Kalau tidak ada berarti mereka takut," ujarnya

Satu KK Beda TPS Hingga tidak Terdaftar Sebagai Pemilih Membuat Warga di Muaraenim Bingung

Pasca Bercerai dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Ini Kabar Terbaru dari Veronica Tan

Perwakilan KPU Sumsel, Kabag Hukum dan Masyarakat KPU Sumsel, Abdullah menyampaikan, rasa terima kasih yang sebesar - besarnya atas kunjungan Aliansi mahasiswa Kota Palembang.

Abdullah mengatakan, Ketua dan Wakil KPU beserta Jajarannya sedangkan melaksanakan tugas diluar daerah dan Jajaran komisioner melakukan pemantauan Logistik, tetapi Ia meyakinkan bahwa pihak KPU Sumsel tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2019.

Masuki H-3 Pemilu Serentak Pilpres dan Pileg, KPU Muaraenim Masih Kekurangan Surat Suara

Pria Pengangguran Punya Tiga Istri di Lahat Ini Terpaksa Membegal untuk Memenuhi Keuangan Istrinya

"Terimakasih tak terhingga, ini salah satu tindakan luar biasa, kami berharap tidak ada kontaminasi dalam aksi ini. Saya selaku orang tua disini, artinya anak mengingatkan kami orang tua. Tapi yakinlah kami dan jajarannya dengan kopilisian tetap menjaga netralitas sehingga tidak terjadi kecurangan," jelasnya.

Sementara, Aliansi Mahasiswa Palembang yang kecewa karena tidak dapat menemui langsung jajaran tertinggi KPU Sumsel akhirnya melakukan penandatanganan dengan Perwakilan KPU bahwa KPU netral dan tidak ada kecurangan, jika suatu saat mereka menemukan adanya kecurangan maka pihaknya akan melakukan demo secara besar - besaran.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved