Berita Ogan Ilir

Lantik 1172 PPTPS, Ketua Bawaslu OI Sebut Pengawas TPS Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu

"Kini, setiap TPS sudah kita tempatkan satu orang satu petugas pengawas TPS," jelas Ketua Bawaslu OI Dermawan Iskandar.

Lantik 1172 PPTPS, Ketua Bawaslu OI Sebut Pengawas TPS Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Suasana pelantikan Petugas Pengawas TPS yang nantinya akan ditugaskan di masing-masing TPS dalam lingkungan Kabupaten Ogan Ilir. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA-- Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir (OI) meyakini Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PPTPS) yang baru saja dilantik merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan Pemilihan Umum Pilpres dan Pileg April mendatang.

Ini disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten OI Dermawan Iskandar, Senin (25/3/2019) di sela-sela menghadiri pelantikan 1172 petugas pengawas TPS di lima Dapil dalam lingkup bumi Caram Seguguk.

Usai dilantik, ribuan petugas pengawas TPS ini nantinya akan dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai aturan tentang pedoman tata cara fungsi pengawasan di masing-masing TPS.

Dijelaskan Ketua Bawaslu Kabupaten OI Dermawan Iskandar, dilantiknya 1172 orang petugas pengawas TPS berdasarkan Undang-undang Nomor 17 tahun 2017 tentang pembentukan petugas pengawas sampai ke tingkat TPS di masig-masing Desa dan Kelurahan.

Sebelumnya pada pelaksanaan Pemilu 2014 lalu pembentukan petugas pengawas hanya sampai ke tingkat Desa saja. Oleh karena tantangan Pemilu d itahun 2019 ini lebih besar. Maka oleh pemerintah pusat dibentuklah petugas pengawas Pemilu sampai ke tingkat TPS.

"Kini, setiap TPS sudah kita tempatkan satu orang satu petugas pengawas TPS," jelas Ketua Bawaslu OI Dermawan Iskandar.

Diyakini Ketua Bawaslu OI bila petugas pengawas TPS merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan Pemilu. Karena, keberadaan mereka (PTPS) yang langsung digaji oleh APBN sangat menunjang kinerja Bawaslu sampai ke tingkat TPS.

Contohnya saat pendistribusian undangan atau C6 mereka ditugaskan untuk melakukan fungsi pengawasan melekat ke TPS supaya tidak ada undangan yang disalahgunakan termasuk perekalan, pencatatan jumlah undangan yang tersebar.

"Sisanya akan dikembalikan. Tujuannya untuk mendeteksi potensi rawan terhadap penyalahgunaan undangan C6.Jadi itu salah satu tugas dan fungsi pengawas TPS," kata Ketua Bawaslu Kabupaten OI. Ia menambahkan, ke-1172 orang petugas pengawas TPS ini mulai bekerja sejak 23 hari sebelum pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pillres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan tujuh hari usai pelaksanaan Pillres, Pileg.

"Kendati begitu, saya mengucapkan selamat kepada pengawas TPS yang baru saja dilantik. Selamat bergabung sebagai bagian dari keluarga besar pengawas Pemilu. Jalankan tugas sebaik mungkin sesuai dengan amanah undang-undang," pesan Ketua Bawaslu Kabupaten OI.

BMKG Rekam Kecepatan Angin Capai 33 knots atau 60 Km/Jam, Palembang Berpotensi Angin Puting Beliung

Ayah Perkosa Anak Kandung, Suswanto tak Berkutik Diringkus saat Antre di Tukang Urut

Daftar Tempat Praktik Dokter Kandungan di Palembang, Lengkap Alamat dan Nomor Telepon

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved