Berita Muba

Anjungan Dukcapil Mandiri Pertama Sumsel Ada di Muba, Satu Hari el-KTP Selesai Dicetak

Pelayanan maksimal dalam bidang catatan kependudukan dan catatan sipil terus di maksimalkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin

Anjungan Dukcapil Mandiri Pertama Sumsel Ada di Muba, Satu Hari el-KTP Selesai Dicetak
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil RI, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH ketika mengecek pelayanan Disdukcapil Muba. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU-- Pelayanan maksimal dalam bidang catatan  kependudukan dan catatan sipil terus di maksimalkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dalam hal ini oleh Dinas Disdukcapil Muba.

Dimana Disdukcapil Muba meresmikan Gedung Loket Pelayanan Dukcapil Muba, Rabu (20/3/19) tidak hanya itu saja Disdukcapil Muba bakal menyiapkan anjungan Dukcapil Mandiri.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, mengatakan saat ini Pemkab Muba terus berupaya memberikan pelayanan terbaik baik itu pelayanan kesehatan, pajak, dan capil. Kita ingin mengedepankan revolusi pelayanan, maka dari itu kita membangun loket pelayanan yang terbaru ini.

"Jadi jika ada masyarakat yang ingin merekam dan mengurus adminstrasi kependudukan tidak perlu berdesak-desakan lagi. Banyak fasilitas yang memberikan pelayanan terbaik di kantor pelayanan terbaru Disdukcail Muba ini, karena saya minta 1 hari paling lambat Disdukcail Muba segera mengeluarkan KTP elektronik dan ini gratis tidak di pungut biaya sama sekali,"kata Dodi.

Lanjutnya, tidak hanya pelayanan KTP eltronik saja yang kita kedepankan, selain itu saya mengapresiasi atas Disdukcapil Muba yang mengusung konsep Go Digital dengan adanya data terintrgasi dengan memasukkan NIK.

"Tidak ada lagi alasan seperti kepala dinas tidak ada ditempat, karena dengan adanya Disdukcapil go Digital ini akan mempermudahkan masyarakat seperti tanda tangan elektronik juga terintrgrasi,"ujarnya.

Kedepan kita akan membut anjungan Dukcapil mandiri pertama di Sumsel dengan hal ini masyatakat tidak perlu mengantri lagi, cukup memasukkan NIK makan masyarakat bisa mencetak KTP Elektronik, akte kelahrian, dan KK. 

"Kita akan menjadi Pilot Project dalam pelayanan KTP Elektronik dengan adanya anjungan Dukcapil Mandiri pelayanan semakin di permudah. Hal ini merupakan komitmen Pemkab Muba dalam memberikan pelayanan terbaik baik itu segi pelayanan KTP elektronik, kesehatan, dan pajak,"jelasnya.

Sementara, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil RI, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH, mengatakan kedatangan saya ke Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan karena Provinsi Sumsel merupakan provinsi yang besar dengan jumlah penduduk yang bayak.

"Saya berharap setiap kantor Dukcapil yang di Sumsel mengutamakan pelayanan seperti yanh dilakukan oleh Kabupaten Muba. Jadi kantor-kantor yang meberikan pelayanan yang baik merupakan semangat yang baik dalam segi pelayanan, Dukcapil harua terus bergerak dengan menerapkan inovasi, seperti tanda tangan digital sehingga kepala dinas tidak perlu repot-repot dalam melakukan tanda tangan,"ungkapnya.

Selanjutnya saya meminta tolong bahwa saat ini percetakan KTP elektronik kita sudah 98 persen berarti tinggal 2 persen, dari 2 persen tersebut terdapat 4 juta masyarakat Indonesia yang belum merekam. "Dimulai dari Kabupaten Muba ajak sanak saudara kita melakukan perekaman. 17 April besok ayo ramai-ramai ke TPS, bawa KTP anda dalam melakukan pemilihan. Karena KTP elektronik merupakan kunci sakti dala melakukan pemihan dan yang terpening masuk dalam DPT,"jelasnya.

Sementara, Gubernur Sumsel H Herman Deru, menyebutkan ini merupakan sejarah di Kabupaten Muba degan ditandai dibangunnya gedung pelayanan KTP elektronik dan catat sipil, pelayanan ini tidak kalah dengan pelayanan bintang 5.

Saya mengapresiasi Kabupaten Muba dengan menghasilkan karya-karya yang kreatif terutama dalam bidang catatan sipil.

"Saya mengapresiasi kinerja Pemkab Muba terutama Disdukcapil Muba, apalagi kedatangan Dirjen Kependudukan dan Catat Sipil. Dahulu sewaktu saya menjadi Bupati, Kabupaten Muba saya jadikan acuan dalam kinerja karena banyak progam yang baik, saya harapkan terus tingkatkan program-program yang ada,"ungkap Herman Deru. (cr13)

Pelunasan Biaya Haji, Calon Jemaah Haji tak Perlu ke Bank, Hari Pertama ada 403 CJH Bayar Pelunasan

Bukan Kaleng-kaleng! 4 Artis Ini Dulunya Preman Beneran, Keluar Masuk Penjara Sampai Akhirnya Taubat

6 Jasa Perawatan Sepatu di Palembang, Berikut Alamat, Jam Operasional dan Tarifnya!

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved