Paket Bayar Tiga Moda Transportasi, Sekali Naik LRT Rp 2.000

Sesuai peraturan Kementrian, tiga moda transportasi andalan di Sumsel, yakni Damri, Transmusi dan LRT akan diintegrasikan menjadi satu sistem pembayar

Paket Bayar Tiga Moda Transportasi, Sekali Naik LRT Rp 2.000
SRIPOKU.COM/Syahrul
LRT PALEMBANG - Kereta LRT melintas di samping Jembatan Ampera menuju Stasiun Jakabaring, beberapa waktu lalu. 

PALEMBANG - Sesuai peraturan Kementrian, tiga moda transportasi andalan di Sumsel, yakni Damri, Transmusi dan LRT akan diintegrasikan menjadi satu sistem pembayaran. Konsumen hanya dibebankan bayar Rp 12 ribu dan wajib naik ketiganya.

"Rinciannya naik Damri hanya bayar Rp 5.000, Transmusi Rp 5.000 dan naik LRT bayar Rp 2.000 jadi totalnya Rp 12 ribu tapi wajib naik ketiganya,"kata Kepala Balai Pengelolaan Kereta Api Ringan Sumsel, Rosita usai sosialisasi LRT, Sabtu (2/2) lalu. Wacana model pembayaran tersebut akan terus dimatangkan sehingga masyarakat tak perlu susah lagi dibebankan dengan banyaknya kartu pembayaran.

Diketahui, saat ini masyarakat banyak yang mengeluh terkait pemberlakuan sistem Kartu Uang Elektronik (KUE) dalam pembayaran LRT yang hanya bisa digunakan satu orang satu pembayaran.

"Nanti akan kita bahas secara intensif dengan semua instansi terkait sesuai arahan dari pimpinan, nantinya tiket elektronik itu akan bisa digunakan untuk bayar tol hingga belanja tetapi butuh waktu,"jelasnya.

Saat ini untuk integrasi transportasi antara Transmusi, Damri dan LRT sudah ada peraturan dari kementrian dan secepatnya akan melaksanakan pengtinergrasian moda transportasi tersebut. Sehingga masyarakat lebih muda untuk menggunakan LRT.

Sementara Kepala Divisi Regional III PT. KAI, Anang Yoyo mengungkapkan saat ini pihaknya terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan LRT sebagai moda transportasi,sayang apabila tidak digunakan karena ini sangat bagus untuk mengatasi kemacetan.

"Kita terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar naik LRT, setiap minggu kita lakukan sosialisai dengan cara yang berbeda seperti cek kesehatan gratis,"ujar Anang.

Lanjutnya lagi, pihaknya akan terus mendengar masukkan dari masyarakat terutama mengenai tiket elektronik yang hanya bisa digunakan untuk satu orang. Padahal tiket KUE manfaatnya sangat banyak bukan hanya untuk naik LRT saja tetapi bayar tol dan lain-lain. "Kita survey dan pelajari dulu apa keinginan masyarakat, untuk masalah tiket elektronik akan kita bahas secara serius,"ujarnya. (mg4)

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved