Desa Makmur Peduli Api Cegah Karhutla Menuju Masyarakat Mandiri

Sudah banyak cara dan langkah yang dilakukan untuk mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan oleh Pihak Pemerintahan

Desa Makmur Peduli Api Cegah Karhutla Menuju Masyarakat Mandiri
ist
Hasil Panen Semangka Kelompok Tani Agung Mulya 

Desa Makmur Peduli Api Cegah Karhutla Menuju Masyarakat Mandiri
Oleh : Elly Telasari
Praktisi Sosial di Palembang
Sudah banyak cara dan langkah yang dilakukan untuk mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan oleh Pihak Pemerintahan maupun Stake holder yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan permasalahan ini.

Secara garis besar pada saat ini pemerintah, khususnya provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah mencoba mengembangkan konsep Landscape dan tidak lagi berbicara secara parsial untuk melakukan pengelolaan lahan dan lingkungannya.

Begitu juga dengan kelola lahan dan air di semua institusi yang ada di negara ini sudah melek mengenai konsep water management yang dimulai dari Pihak TNI, POLRI sampai ke unsur terkecil di dalam sistem pemerintahan mencoba memberlakukan sistem yang dibuat untuk menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Pelibatan masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan menjadi sangat penting mengingat tingkat interaksi mereka dengan lahan hutan.

Oleh karena itu, program DMPA yang bertujuan mengurangi ancaman dan ketergantungan masyarakat akan lahan hutan menjadi bagian penting dalam usaha pencegahan kebakaran dalam strategi IFM ini.

Adapun strategi dalam IFM ini terdiri dari empat pilar utama yaitu Pencegahan, Persiapan, Deteksi Dini dan Respon Cepat.

Dan Program DMPA adalah bagian dari salah satu pilar tersebut yaitu pada pilar Pencegahan.\

Enam Pilar Program DMPA

Program DMPA mengedepankan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan, antara lain masyarakat, perusahaan, pemerintah setempat, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan juga akademisi.

Program DMPA ini diharapkan mampu mengurai masalah dan menghadirkan berbagai dinamika sosial yang dihadapi untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang bertanggungjawab.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved