Lapor Mang Sripo

Antisipasi DBD di Musim Hujan

apakah sudah ada imbauan kepada masyarakat akan potensi bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)? Karena sekarang sudah memasuki musim hujan dan

Antisipasi DBD di Musim Hujan
SRIPOKU.COM/AWI WIJAYA
Ilustrasi - Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Empatlawang melakukan fogging di Desa Karanggede Kecamatan Sikapdalam Kabupaten Empatlawang. Setelah beberapa warga desa ini terserang DBD. 

SRIPOKU.COM - Kepada Dinas Kesehatan Palembang, apakah sudah ada imbauan kepada masyarakat akan potensi bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)?

Karena sekarang sudah memasuki musim hujan dan dicemaskan penyakit berbahaya itu mewabah di masyarakat kita. Kalau bisa, mungkin bisa dilakukan tindakan pencegahan ke lingkungan-lingkungan masyarakat sehingga masyarakat tidak hanya melakukan pencegahan Menguras, Menutup, dan Mengubur (3M) saja.

Berita Lainnya:

Wabah DBD Serang Wong Kito, Kadinkes Kota Palembang Beri Tips Sederhana Cegah DBD

Waspada Penyakit DBD & Panas, RS Muhammadiyah Palembang Dipenuhi Pasien DBD. Ini Cara Pencegahannya

Biasanya, kalau sudah keluar imbauan, petugas akan melakukan pegnawasan di mana saja yang beresiko tinggi teridap penyakit menular ini.
0852679116xx

Jawaban
Untuk mengantisipasi penyakit DBD tersebut, Dinkes terus melalukan sosialisasi terkait penanganan dan antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat. Seperti dengan mensosolisasikan penerapan 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur) karena jentik-jentik tersebut berasal dari genangan air. Rumah kosong atau rumah yang tidak berpenghuni banyak menampung air dan nyamuk jenis aedes aegypti ini menyukai tempat yang digenangi air.

Untuk pemberantasan sarang nyamuk dilakukan fogging dilakukan apabila dua parameter sudah dilakukan. Pertama, penyelidikan epidemiologi (PE) dengan memeriksa 20 rumah, jika 60 persen ditemukan positif maka dilanjutkan dengan parameter PE kedua yakni jika ditemukan tiga orang terjangkit DBD maka fogging segera dilakukan.

Fogging adalah langkah terakhir. Lingkungan tidak boleh juga sering di fogging, karena nyamuk nanti akan kebal. (axl)

Yudhi Setiawan
Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2M)

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Tonton Video Terbaru di Youtube Sriwijaya Post!
Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved