Berta Muaraenim

Bekerjasama dengan Pemprov Sumsel dan Pemkab Muaraenim, PTBA Akan Bangun KEK Bukit Asam

Untuk mendukung Sumsel sebagai lumbung energi, PT Bukit Asam (Persero) bersama Pemprov Sumsel dan Pemkab Muaraenim akan membangun KEK.

Bekerjasama dengan Pemprov Sumsel dan Pemkab Muaraenim, PTBA Akan Bangun KEK Bukit Asam
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Gubernur Sumsel Herman Deru memimpin rapat tencana PT Bukit Asam (Persero) bersama Pemprov Sumsel dan Pemkab Muaraenim tentang membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bukit Asam, di Ruang Rapat Gubernur Sumatera Selatan, Senin (17/12/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -- Untuk mendukung Sumsel sebagai lumbung energi, PT Bukit Asam (Persero) bersama Pemprov Sumsel dan Pemkab Muaraenim akan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bukit Asam.

Hal tersebut terungkap dalam rapat di Ruang Rapat Gubernur Sumatera Selatan, Senin (17/12/2018) tentang pembahasan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bukit Asam antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Muaraenim, dan Direksi PT Bukit Asam Tbk.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, didampingi Asisten Perekonomian Pembangunan Johanes Toruan dan OPD terkait lainnya.

Menurut Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam Fuad, Islandar, KEK ini dibangun di areal IUP Bukit Asam seluas 600 Ha dengan kegiatan utama Gasifikasi Batubara, Pembangunan PLTU Sumsel 8 (2 x 650 MW), Pabrik Poliprophilen, Pabrik Pupuk, Bahan pengganti gas LPG, Pabrik Kelapa Sawit dan rencana ikutan lainnya.

Untuk mewujudkan hal ini, perlu dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemkab Muaraenim.

"Kami mohon dukungan Bapak Gubernur Sumsel dan Bupati Muaraenim khususnya dalam pembuatan perizinan dan lain-lain," ujar Fuad.

Penderita Miom Tubuhnya Akan Menunjukkan 6 Gejala Ini! Awas Masih Banyak yang Tak Sadar

HATI-HATI! Ada Penipuan Merekomendasikan Peserta Lulus CPNS. Beberapa Korban Berasal dari Palembang

Pancing Keributan Lagi, Rekan Conor McGregor Minta Khabib Nurmagomedov Tutup Mulut

Bupati Muaraenim Ir. H. Ahmad Yani mengaku sangat mendukung program tersebut apalagi jika memberikan kemaslahatan masyarakat Sumsel khususnya Kabupaten Muaraenim.

Dan jika terlaksana, ia mengharapkan agar KEK Bukit Asam dapat juga digunakan untuk program hilirisasi produk lainnya yang memiliki potensi cukup besar seperti karet, dan lain-lain serta untuk mengutamakan tenaga kerja lokal sesuai kapasitasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Derumengaku akan mendukung sepenuhnya rencana pembangunan KEK Bukit Asam dan berharap agar dapat segera dilaksanakan karena program ini sangat strategis dan dapat menghemat devisa negara.

Selain itu diharapkan KEK Bukit Asam ini dapat menjadikan Sumatera Selatan dan khususnya Kabupaten Muaraenim sebagai Pusat Pertumbuhan Baru di luar Jawa.

Oleh karena itu perlu koordinasi yang baik dengan Kementerian dan swasta terkait di tingkat pusat agar dapat meminimalisasi potensi permasalahan yang akan timbul.

===

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved