Berita Muaraenim

CSR Perusahaan 2018, di Kabupaten Muaraenim Capai Rp 88,71 Miliar

Dana CSR Perusahaan tahun 2018 yang telah disalurkan mencapai Rp 88,71 Miliar lebih dari 14 perusahaan.

CSR Perusahaan 2018, di Kabupaten Muaraenim Capai Rp 88,71 Miliar
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Bupati Muaraenim Ahmad Yani membuka Rapat Koordinasi Forum CSR PKBL Kabupaten Muaraenin Tahun 2018, di Hotel Grandzuri Muaraenim, Kamis (13/12). 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Dana CSR Perusahaan tahun 2018 yang telah disalurkan mencapai Rp 88,71 Miliar lebih dari 14 perusahaan. Bila dibandingkan CSR Perusahaan yang disalurkan pada tahun 2017 yakni sebesar Rp 83,82 Milyar dari 23 perusahaan.

"Kita patut bersyukur, pada perekonomian yang cukup sulit ini, namun CSR PKBL dari dunia usaha tahun 2018 sampai dengan semester III telah mencapai Rp 88,71 Miliar lebih dari 14 perusahaan yang melapor," kata Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM, Kamis (13/12/2018).

Ahmad Yani yang didampingi Kepala Bappeda Muaraenim Ir H Ramlan Suryadi MSi mengatakan, bahwa penyelenggaraan rapat koordinasi forum CSR PKBL merupakan wadah yang memberikan kesempatan semua pemangku kepentingan untuk berperan serta secara optimal dalam pengembangan dan pengelolaan program CSR PKBL.

Berdasarkan rekapitulasi hasil evaluasi pelaporan kegiatan yang diterima sekretariat Forum CSR PKBL Kabupaten Muaraenim menggambarkan bahwa dukungan dunia usaha terhadap pembangunan daerah melalui program CSR PKBL cukup besar.

Terlihat dari realisasi pelaksanaan program dana CSR PKBL dari dunia usaha tahun 2018 sampai dengan semester III mencapai lebih dari Rp 88,71 Miliar dari 14 perusahaan yang melapor. Bila dibandingkan dengan tahun 2017, hanya sebesar Rp 83,82 Milyar dari 23 perusahaan yang melapor.

Pada tahun 2019, kata Yani, Pemkab Muaraenim telah menawarkan program kegiatan hasil Musrenbang tahun 2018 yang tidak dapat dibiayai oleh APBD Kabupaten Muaraenim atau RKPD non APBD untuk dapat diserap sebagai CSR-PKBL BUMN/BUMS/BUMD sesuai wilayah kerjanya masing-masing perusahaan.

Ditambahkan Ramlan bahwa berdasarkan rekapitulasi yang dilaksanakan oleh Sekretariat Forum CSR-PKBL Kabupaten Muaraenim terdapat sebanyak 1.858 usulan kegiatan yang tersebar di 20 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muaraenim.

Live Streaming BWF World Tour Finals 2018, Anthonyvs Son Wan Ho Mulai Pukul 10.00 WIB

Selain Denny Sumargo, 6 Artis Ini Berhasil Luluhkan Hati Konglomerat, No 6 Bikin Iri Semua Wanita

Bosan Dalam Pekerjaan dan Ingin Segera Resign, Jangan Buru-Buru Coba Lakukan Ini Agar Semangat

Dulu Hidup Susah Sampai Pilih Jadi Buruh, 5 Artis Ini Kini Sukses & Terkenal, No 2 Go Internasional

Untuk menutupi kekurangan tersebut pihaknya meminta kepada seluruh BUMN/BUMS/BUMD dapat mengakomodir program kegiatan yang ada dalam RKPD Non APBD sebagai program kegiatan CSR-PKBL perusahaan tahun 2019 mendatang dengan terlebih dahulu membuat Nota Kesepahaman untuk pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Makanya, peran peran sektor dunia usaha untuk tercapainya target-target yang sesuai dengan misi Kabupaten Muaraenim Tahun 2018-2023 sangatlah penting.

"Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besamya kepada perusahaan yang telah aktif dalam melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaannya dengan bersama-sama secara sinergis dengan pemerintah Kabupaten melaksanakan pembangunan di Kabupaten Muaraenim," ujar Ramlan yang menjabat juga sebagai Sekretaris Forum CSR-PKBL Muaraenim ini.

Sedangkan menurut Ketua Forum CSR PKBL Kabupaten Muaraenim Joko Pramono melalui Wakil Ketua II Normandi Akil mengatakan bahwa mengharapkan program CSR yang berkelanjutan akan memberikan dampak positif dan manfaat yang lebih besar kepada perusahaan itu sendiri maupun para steak holder yang terkait.

Selain itu, dengan melaksanaan program CSR yang berkelanjutan juga akan dapat membentuk atau menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri.(ari)

Bupati Muaraenim Ahmad Yani membuka Rapat Koordinasi Forum CSR PKBL Kabupaten Muaraenin Tahun 2018, di Hotel Grandzuri Muaraenim, Kamis (13/12).

=====

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved