Berita Palembang

Sama Seperti ASN Umum Lainnya, Sekarang Guru Wajib Mengajar 8 Jam Sehari

Pemerintah pusat kini memperlonggarkan ketentuan yang mengatur pengucuran tunjangan sertifikasi bagi para guru terkait dengan jam mengajar.

Sama Seperti ASN Umum Lainnya, Sekarang Guru Wajib Mengajar 8 Jam Sehari
SRIPOKU.COM/YULIANI
Salah satu guru SDN 30 Palembang saat memberikan pengajaran kepada siswa beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah pusat kini memperlonggarkan ketentuan yang mengatur pengucuran tunjangan sertifikasi bagi para guru terkait dengan jam mengajar.

Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut guru harus memenuhi persyatan yang telah ditentukan oleh pemerintah, salah satunya dengan wajib mengajar 8 jam tatap muka selama sehari atau 40 jam per minggu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kasi PTK SMK Disdik Sumsel, Ferry Nursyamsu, jika selama ini guru wajib mengajar selama 24 jam tatap muka dalam 5 hari di sekolah induk.

Syarat Urus Pemberkasan Sertifikasi Guru

Tunjangan Sertifikasi Guru SMA dan SMK Triwulan ke Empat Cair. Tapi Ada yang Gigit Jari

Polda Tetapkan Widodo, Tersangka Baru Pungli Sertifikasi Guru

"Untuk sekarang jam kerja guru bukan 24 jam tatap muka di sekolah induk, melainkan 8 jam selama sehari. Ini sama dengan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada umumnya dan ini sudah diterapkan," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, terkait perubahan Permendikbud tersebut ia menjabarkan bahwa kewajiban 40 jam kerja dalam seminggu tersebut dibagi menjadi lima tugas yang disebut 5M.

Adapun 5M ini yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pengajaran tatap muka, menilai atau memberi skor hasil belajar anak didik, melaksanakan bimbingan, dan melaksanakan tugas tambahan seperti pembinaan pramuka atau menjadi wali kelas.

Kasi PTK SMK Disdik Sumsel Baru Saja Wajib Lapor Terkait OTT Pungli Sertifikasi Guru

Sejumlah Kepala Sekolah SMA Diperiksa di Mapolda Sumsel, terkait OTT Sertifikasi Guru

Sejumlah Kepala Sekolah SMA Diperiksa di Mapolda Sumsel, terkait OTT Sertifikasi Guru

"Pemenuhan jam kerja 40 jam per minggu dilaksanakan pada tahun ajaran baru selama lima hari kerja. Misalnya masuk pukul 7.00 dan jam pulang pada pukul 15.00 dan mereka yang masuk pukul 8.00 selesai tugas pada pukul 16.00," terangnya.

Regulasi tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) nonor 19/2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74/2008 tentang guru telah mengatur bahwa kewajiban mengajar selama 24 jam tatap muka telah digantikan dengan kewajiban bekerja selama 40 jam dalam seminggu.

Fakta Baru! Ternyata Uang Pelicin untuk Dapat Sertifikasi Guru Hingga Sebesar Ini

Terungkap, Sertifikasi Guru Dipersulit dan Diminta Bayaran Segini Per Orang, Gila

Di Pagaralam Heboh Adanya Isu Pemotongan Dana Sertifikasi Guru

"Dengan pemberlakuan sistem seperti itu, guru harus melakukan fungsi pendidikan lainnya. Seperti merencanakan pembelajaran, lebih dekat berinteraksi dengan siswa, memotivasi, sampai mengetahui dan mempelajari karakter mereka," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 47 Palembang Drs Hazairi Msi mengatakan, terkait kebijakan 40 jam perminggu atau 8 jam setiap hari bagi seorang guru, baginya tidak ada masalah.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved