Optimalkan Pendapatan Asli Daerah, Bank Sumsel Babel Jalin Kerjasama dengan Pemkot/Pemda

Untuk membantu meningkatkan PAD, Bank Sumsel Babel (BSB) melakukan penandatangan perjanjian kerjasama Pemanfaatan Sistem Monitoring Penerimaan Pajak

Optimalkan Pendapatan Asli Daerah, Bank Sumsel Babel Jalin Kerjasama dengan Pemkot/Pemda
SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT
Ilustrasi - Gedung Bank Sumsel Babel di Jakabaring, Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Untuk membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Bank Sumsel Babel (BSB) melakukan penandatangan perjanjian kerjasama Pemanfaatan Sistem Monitoring Penerimaan Pajak Online dengan tujuh pemerintah kota dan kabupaten yang ada di Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, di Batam, Rabu (28/11).

Acara yang diprakarsai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertujuan untuk mengoptimalisasikan PAD agar lebih tertib dan transparan, sehingga pembangunan daerah akan lebih baik lagi.

Direktur Utama BSB, Muhammad Adil, mengatakan untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) BSB menyiapkan layanan di setiap kantor kerja dan untuk tahap awal Bank Sumsel Babel akan menyiapkan lebih kurang 700 unit Tapping box yang akan dipasang pada mesin kasir hotel, restoran dan tempat hiburan.

"Tujuannya adalah agar memudahkan pemerintah dalam memonitor pajak daerah yang dibayar secara online," ujarnya melalui rilis resmi.

Penandatanganan kerjasama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Sumsel Babel Muhammad Adil dengan Harnojoyo Walikota Palembang, SN Prana Putra Sohe Walikota Lubuk Linggau, Ir H Ridho Yahya MM Walikota Prabumulih, Alpian Maskoni Walikota Pagar Alam, Maulan Aklil Walikota Pangkal Pinang, H. Sahani Saleh, S.Sos Bupati Belitung, Yulianto Satin, Wakil Bupati Bangka Tengah yang turut disaksikan oleh Pimpinan KPK Ibu Basaria Pandjaitan.

Kegiatan serupa juga dilakukan untuk provinsi Riau, Kepulauan Riau, provinsi Lampung, Jambi, Bengkulu dengan merangkul bank daerah masing masing.

Adapun ruang lingkup perjanjanjian kerjasama tersebut, lanjut Adil, meliputi tempat layanan Penerimaan Pembayaran Pajak Daerah melalui teknologi host to host dan layanan penyediaan alat perekaman data transaksi usaha sebagai objek pajak dan layanan BSB di seluruh kantor maupun channel elektronik BSB dari Wajib Pajak.

"Nantinya penerimaan pajak akan diteruskan ke Rekening Kas Umum Daerah Kota Palembang, Prabumulih, Lubuk Linggau, Pagar Alam (Provinsi Sumatera Selatan ) Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Belitung (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)," jelasnya.

Dia menerangkan, BSB transaksi penerimaan Pembayaran Pajak Daerah melalui dua transaksi layanan yaitu melalui transaksi atau penerimaan Pembayaran Pajak Daerah secara terpusat dalam sistem online melalui Bank Sumsel Babel.

"Lalu untuk layanan secara elektronik Wajib Pajak dapat memanfaatakan fasilitas setoran tunai, transfer antar rekening, Auto debet, ATM, dan channel electronic lainnya; serta layanan lainnya yang diselenggarakan oleh BSB pada saat ini maupun di kemudian hari," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved