Herman Deru Berharap Tahun Depan Terealisasi, Gaji Guru Honor Setara UMR

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru tak dapat membendung air matanya di puncak acara HUT PGRI ke-73 yang diadakan di PSCC, Selasa (27/11).

Herman Deru Berharap Tahun Depan Terealisasi, Gaji Guru Honor Setara UMR
sekilas info
Gaji Guru Honorer. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru tak dapat membendung air matanya di puncak acara HUT PGRI ke-73 yang diadakan di PSCC, Selasa (27/11).

Peristiwa ini terjadi mana kala secara spontan dirinya mengajak seluruh guru yang datang ke acara tersebut untuk menyanyikan lagu Hymne Guru bersama-sama.

Saat lantunan lagu yang menggambarkan pujian pada pahlawan tanpa tanda jasa tersebut berkumandang, sontak rasa haru menyelimuti seisi ruangan.

Usai lagu dinyanyikan, Deru lantas meminta tisu pada ajudannya, guna menyeka air mata yang jatuh di pipinya.

"Jujur pada hari ini saya begitu terharu. Terima kasih pada seluruh guru atas jasa kalian yang sudah mengajari dan mencerdaskan kami dan menjadikan wilayah Sumsel menjadi wilayah terpandang di segala bidang,"ujar Deru mengawali kata sambutannya yang disambut tepuk tangan seisi ruangan.

Pada kesempatan itu, dihadapan ribuan guru yang hadir, Deru mengatakan akan berupaya memperjuangkan kesejahteraan para guru honor yang ada di wilayah Sumsel.

"Diantaranya perbaikan layanan sertifikasi guru-guru honor.

Sesegera mungkin akan kita ajak para bupati, walikota dan Dinas terkait untuk mengupayakan hal terbaik guna kesejahteraan guru honor,"ucapnya.

Lanjutnya, presiden RI telah memberikan pesan pada Kemendikbud agar memberikan kesejahteraan hidup bagi para honor. Salah satunya dengan merancang kebijakan gaji honor yang akan disetarakan dengan UMR, yakni dikisaran Rp 2,5 juta.

"Selama ini gaji guru hanya berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu perbulan. Maka dari itu saya sangat mendukung rencana kebijakan gaji guru honor setara UMR. Semoga itu bisa diterapkan sesegera mungkin di tahun 2019,"kata Deru yang kembali disambut iringan tepuk tangan dari seisi ruangan.

Terkait problema banyaknya guru honor peserta CPNS yang tidak bisa mencapai Passing Grade saat tes SKD, Gubernur Sumsel berharap agar pemerintah melimpahkan kembali wewenang perekrutan CPNS ke daerah masing-masing.

"Maka dari itu, kita berharap agar pemerintah pusat melimpahkan kembali wewenang untuk perekrutan cpns karena pemerintah daerah yang lebih tahu tentang kebutuhan dari guru itu sendiri,"katanya. (cr8)

====

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved