Berita Palembang

Berita Palembang : Herman Deru Gandeng BPKP Segera Audit 13 BUMD di Sumsel

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bakal menggandeng Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk megaudit 13 BUMD

Berita Palembang : Herman Deru Gandeng BPKP Segera Audit 13 BUMD di Sumsel
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
H Herman Deru SH MM, Calon Gubernur Sumsel periode 2018-2023 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bakal menggandeng Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk megaudit 13 BUMD yang ada di Sumsel.

Hal ini diharapkan agar didapat hasil yang maksimal atas keseluruhan kinerja BUMD selama ini.

Dikatakan Gubernur Sumsel, Herman Deru, Selanjutnya belasan BUMD ini akan dimonitor dan dipisahkan menjadi beberapa kategori dan tingkatan.

Seperti perusahaan yang sehat, kemudian sedang-sedang saja dan yang masih disubsidi penuh.

Baca: Berita Palembang: Kapolda Sumsel Geram, Minta Pelaku Menyerahkan Diri atau Ditindak Tegas

"Makanya kami perlu mengambil langkah segera. Perusahaan yang sehat akan kita dorong terus supaya lebih sehat. Yang sedang-sedang kita bina, yang tidak bisa dibuat sehat kita likuidasi. Untuk apa banyak-banyak tapi membebani daerah, " tegasnya.

Harapannya, kontribusi BUMD terhadap Pemprov dalam bentuk PAD dan pendapatan lain yang sah bisa maksimal. Penyertaan modal juga bisa efektif dijalankan.

"Untuk apa banyak tapi hanya membebani keuangan daerah," ujarnya

Baca: Berita Palembang : BNNP Sumsel Jaring 17 Pengunjung & Minta Pemkot Palembang Tutup Diskotik DA

Lebih jauh HD mengatakan, kebijakan ini bukan untuk mencari-cari kesalahan tapi untuk mencari jalan terbaik untuk menentukan sikap, karena hal ini terkait dengan aset Pemda.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel Mawardi Yahya, jika memang nanti ditemukan ada BUMD yang tidak menunjukkan perbaikan atau harapan pihaknya tidak akan segan melakukan likuidasi.

Baca: Dua Mantan Berikan Kekalahan buat Sriwijaya FC 0-2 dari Bhayangkara, Bahkan Sumbang Dua Assist

"Untuk itu disini kita duduk bersama termasuk dari Biro Hukum dan inspektorat. Kita akan evaluasi dan HDMY harus tahu persis dari mana mulai melaksanakan tugas gubernur dan wagub sebagai pemegang saham. Sekarang semuanya kita minta terbuka, jangan ragu dan jangan ada beban," ujarnya

Baca: Berita Palembang : MAXI Yamaha Raih Penghargaan Motorcycle of The Year

Melalui paparan masing-masing BUMD ini diharapkan sebelum akhir Desember, pihaknya sudah mendapatkan angka pasti berapa BUMD yang dilikuidasi dan yang masih akan terus dibina.

" Bukan kami tidak percaya pada pengelolaan BUMD, tapi karena ini merupakan tugas negara maka kami akan minta bantuan BPKP untuk mengaudit seluruh BUMD tentunya berkoordinasi juga dengan BPKAD," tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved