Advertorial

Bertema Membangun Peradaban Umat, Ustad Abdul Somad Ingatkan Warga Palembang Pentingnya Zakat

Gema takbir terus-terusan dilantunkan oleh para jemaah dalam tabligh Akbar bertemakan membangun peradaban umat, dihadiri Ketua DPRD Provinsi Sumsel

Bertema Membangun Peradaban Umat, Ustad Abdul Somad Ingatkan Warga Palembang Pentingnya Zakat
SRIPOKU.COM/ZAINI
Ustad Abdul Somad saat mengisi tabligh Akbar di Masjid Al Ra'iyah Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (3/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Dimana pun sang ustad berada, selalu mendapat dukungan animo dari masyarakat.

Hal ini ditunjukkan oleh ribuan umat muslim yang ada di Kota Palembang, untuk menyambut kedatangan, Ustadz H Abdul Somad Lc MA di Masjid Al Ra'iyah Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (3/8/2018).

Gema takbir terus-terusan dilantunkan oleh para jemaah dalam tabligh Akbar bertemakan membangun peradaban umat, dihadiri Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Asisten III, Prof Eduar Juliartha, serta anggota DPRD Provinsi Sumsel, para OPD dilingkungan Provinsi dan Dompet Dhuafa.

Dalam sambutannya Plt. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Ir Uzer Effendi, menyambut kedatangan Dai kondang tersebut.

Menurutnya, kedatangan Ustad Abdul Somad dapat memberikan arahan kepada umat agar dapat menjadi umat yang Istiqomah.

Baca:

Mendekam di Penjara 4,5 Tahun Tak Buat Kapok, Pria di Palembang Ini Kembali Ditangkap Petugas

Akun Instagram Titiek Soeharto Unggah Foto Lawas Prabowo, Terungkap Hubungannya Setelah Bercerai!

"Peran ulama sangat penting bukan hanya dalam sejarah kemerdekaan, bahkan dalam perjalanan bangsa Indonesia hingga hari ini. Semoga keberkahan ulama akan selalu ada dalam membangun Sumatera Selatan, dengan mendorong persatuan umat beragama. Kalau ulama dan Umara sudah satu, insyaallah Indonesia akan maju," ujarnya.

Dalam ceramahnya, Ustad Abdul Somad mengajak masyarakat Sumatera Selatan untuk menjalankan apa yang Nabi Muhammad ajarkan melalui Sunnah dan Quran. Salah satu amalan nabi tersebut adalah zakat.

Amal paling tinggi zakat. Mari berzakat. Jangan sampai kita makan harta haram, karena di dalamnya ada hak fakir miskin dan asnaf lainnya," ucap Ustadz Abdul Somad dalam ceramahnya di depan masyarakat Palembang.

Lanjut Dai lulusan Maroko tersebut, amalan zakat menempati tempatan paling tinggi disusul amalan lain seperti infaq, shodaqoh dan waqaf.

"Hal itu disampaikan nabi Muhammad, sehingga kita sebagai umat hendaknya menjalankan sunah nabi sebagai keseharusan umat muslim. Harta tak dibawa mati, kita mati harta selesai. Harta akan dibawa mati dengan di wakafkan," ujarnya.

Selain itu, Abdul Somad pun mengungkapkankan pentingnya melindungi anak Yatim dengan memberikan Zakat, infaq, Shodaqoh atau waqaf. Sebab, anak yatim memiliki banyak keutamaan.

"Bapak, ibu, kalau ada anak yatim cara menyatuninya bukan dengan cara dikumpulkan di depan orang-orang ramai lalu dibagikan uang, bukan begitu. Tanya langsung, berapa uang sekolahnya selama setahun, bajunya setahun, kebutuhannya. Datangi mereka elus rambutnya, karena setiap helaian kita berikan ada pahalanya dari Allah SWT," ujar Abdul Somad.

Ustadz kondang tersebut berharap dengan mengutamakan zakat, Indonesia dapat terlepas dari kemiskinan. Yang kaya menolong yang miskin.

"Tiga amalan yang akan menolong ketika kita mati, Harta jika digunakan untuk berbuat kebaikan, Anak-cucu jika mendoakan, dan amal," bebernya. (Adv/mg2)

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved