Kisah Orangtua di Palembang Terpaksa Urunan Demi THR Guru, Asal Anak Bisa Sekolah, Sumbangan?

Benarkah tidak ada pungli untuk masuk sekolah. Tapi ini terjadi, saat orangtua terpaksa urunan membayar sumbangan sekolah asal anak bisa sekolah.

Kisah Orangtua di Palembang Terpaksa Urunan Demi THR Guru, Asal Anak Bisa Sekolah, Sumbangan?
kreasiberita.com
Sekolah Gratis. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Usai proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kini orangtua harus bekerja keras membayar iuran sekolah sang anak.

Salah satunya sumbangan komite di SMAN 5 Palembang, yang mana besarannya mengejutkan banyak pihak.

Bagaimana tidak, siswa yang baru diterima di sekolah tersebut langsung dihadapkan dengan nominal dana sumbangan yang cukup besar.

Salah satu poin yang harus dibayar oleh siswa adalah Tunjangan Hari Raya (THR) Guru, TU, Komite dan Lingkungan sebesar Rp 40 juta.

Berdasarkan penelusuran Sripoku.com, rencana sumbangan awal tahun bagi 288 siswa baru di SMAN 5 Palembang menyentuh Rp 1,8 miliar.

Dana tersebut dihimpun dari siswa yang harus membayar Rp 7,5juta/orang.

Sementara kuota 20 persen untuk siswa kurang mampu dibebaskan.

Baca: Iis Dahlia Klarifikasi Videonya Usir Peserta KDI dengan Posting Kalimat Pedas, Netter Makin Geram

Baca: Beda dengan Zohri, Fauzan Juara Dunia Karate Tak Diperhatikan, Hanya Makan Mie & Ditolak Bekerja

Stop Pungli sekolah.
Stop Pungli sekolah. (reportasependidikan.wordpress.com)

Meski begitu, beberapa pihak menilai dana yang direncanakan tersebut tidak menunjang kegiatan belajar mengajar seperti THR guru, komite dan lingkungan sebesar Rp 40 juta, BBM dan perawatan dua unit mobil sebesar Rp 60juta, penyedian air minum untuk guru dan TU sebesar Rp 12 juta, pembuatan WC di gedung serba guna Rp 60 juta dan lainnya.

Baca: Mengungkap Tuduhan Pungli SMAN 6 Palembang, Kepsek Diancam hingga 50 Siswa Disebut Siluman

Tak hanya itu, beberapa poin lain dinilai menyedot dana cukup besar seperti pengadaan meja guru di kelas sebanyak 30 unit sebesar Rp 105 juta, pengadaan dan perbaikan rak sepatu sebanyak 3 buah Rp 10,5 juta, pembebasan tanah dan satu unit rumah Rp 450juta,  pengadaan kelengkapan enam kelas berbasis IT Rp 330juta.

"Kami mengundang orangtua yang anaknya dinyatakan lulus untuk mengikuti rapat komite pada tanggal 9 Juli pukul 09.30 WIB. Lewat rapat itu, pihak sekolah melalui pengurus komite membahas rencana pengadaan sarana dan prasarana dan investasi pendidikan. Memang awalnya sumbangan ke siswa Rp 8juta/orang, kemudian direvisi menjadi Rp 7,5juta/siswa," ujar Kepala SMAN 5 Palembang Sumin Eksan, SPd, MM melalui Waka Humas Made Suarsana, Rabu (18/7).

Baca: Ini Daftar Lengkap Cabang Olahraga yang akan Dipertandingkan pada Asian Games 2018 di Palembang

Halaman
12
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help