Cegah Kulit dan Bibir Tak Kering Saat Puasa, Bisa Perhatikan Hal Berikut  

orang yang berpuasa bisa mengalami kulit dan bibir kering, apabila tidak memerhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur

Cegah Kulit dan Bibir Tak Kering Saat Puasa, Bisa Perhatikan Hal Berikut   
ISTIMEWA
Ilustrasi Bibir. 

SRIPOKU.COM -- Memasuki bulan puasa yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2018 sesuai penetapan Kementrian Agama.

Terhitung mulai Fajar nanti, Kamis (17/5/2018) masyarakat muslim akan menjalan sahur pertamanya. 

Untuk itu, guna menjaga kesehatan agar tetap fit selama menjalankan ibadah puasa serta menjaga kondisi fisik tetap prima, bisa mencoba beberapa langkah pencegahannya.

Baca: Hikmah Ramadhan, Berpuasalah Seperti Ulat Jangan Seperti Ular, Begini Perbedaannya

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Rumah Sakit UGM, dr. Arief Budiyanto, Ph. D, Sp.KK(K) mengatakan, orang yang berpuasa bisa mengalami kulit dan bibir kering, apabila tidak memerhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur maupun berbuka puasa. 

Bila keadaan tersebut dibiarkan, maka kekeringan akan bertambah parah dan dapat menyebabkan kelainan kulit lebih lanjut.

Terutama pada mereka yang mengidap penyakit eksim.

Baca: Puasa Seorang Muslim di Bulan Ramadhan Lebih dari Sekedar Metamorfosis Ulat Jadi Kupu-Kupu

Arief menyarankan untuk minum air putih, minimal delapan gelas perhari. Delapan gelas tersebut dapat dibagi-bagi: dua gelas saat berbuka, empat gelas sebelum atau sesudah salat tarawih, dan dua gelas pada saat sahur.

Selain itu, orang yang berpuasa pun harus memperhatikan keseimbangan makanan, yaitu dengan memperhatikan empat sehat lima sempurna.

Baca: Daftar Lengkap Niat Puasa, Doa Berbuka, dan Niat Solat Tarawih serta Witir Ramadan 1439 H

Di luar makanan, Arief juga menyarankan kita untuk menggunakan sabun dengan ph seimbang atau yang mengandung pelembap.

"Hindari penggunaan sabun antiseptik terutama jika Anda memiliki kulit kering seperti penderita eksim. Gunakan pelembab kulit dan tabir surya, jika melakukan kegiatan di luar ruangan," ujar Arief.

Baca: Hukum Menggunakan Pasta Gigi di Siang Hari Saat Puasa Ramadhan

Arief menambahkan, hal yang perlu dihindari ketika bibir mengalami kekeringan saat berpuasa yaitu membasahi bibir dengan menggunakan ludah atau air liur.

Hal tersebut akan menjadikan bibir semakin kering, pecah-pecah dan gatal. Sebab, ludah atau air liur mengandung air dan enzim-enzim yang bisa menyebabkan iritasi pada bibir.

"Dengan mengikuti tips tersebut, kulit dan bibir kita dapat terhindar dari masalah kekeringan sehingga tidak mengganggu dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan," tutup Arief.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Reigan Riangga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved