Ramadhan 1439 Hijriyah

Puasa Seorang Muslim di Bulan Ramadhan Lebih dari Sekedar Metamorfosis Ulat Jadi Kupu-Kupu

Puasa Seorang Muslim di Bulan Ramadhan Lebih dari Sekedar Metamorfosis Ulat Jadi Kupu-Kupu, karena dia seorang Khalifah

Puasa Seorang Muslim di Bulan Ramadhan Lebih dari Sekedar Metamorfosis Ulat Jadi Kupu-Kupu
Istimewa
Puasa Seorang Muslim di Bulan Ramadhan Lebih dari Sekedar Metamorfosis Ulat Menjadi Kupu-Kupu 

SRIPOKU.COM-Marhaban Ya Ramadhan adalah bulan paling istimewa dan penuh ampunan yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2018 atau tepatnya 1 Ramadhan 1439 Hijriyah.

Mengapa bulan ini penuh dengan keistimewaan? karena ada tiga tahapan yang akan dilewati para umat Islam, untuk menjadi manusia yang utuh, cantik lahir dan batin.

Kewajiban puasa sebagai disampaikan dalam Al Quran Surat Al Baqarah 183 dengan bunyi sebagai berikut:

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (Q.S al-Baqoroh:183).

Seruan itu berupa puasa.  Puasa (dalam bahasa Arab disebut shiyaam atau shoum) memiliki definisi secara bahasa dan definisi secara syar’i. ‘menahan diri untuk tidak berbuat sesuatu’.

Sedangkan definisi puasa secara syar’i adalah beribadah kepada Allah disertai dengan niat dalam bentuk menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dari sejak terbit fajar shadiq hingga terbenamnya matahari.

ramadhan4
ramadhan4 ()

Berpuasa Tidak sekadar menjadi seekor kupu-kupu cantik, tetapi lebih dari itu, karena menjadi khalifah di muka bumi.

Manusia yang berpuasa, kerap diibaratkan seekor ulat yang menjijikkan tengah menjalani metamorfosis, bagaimana si ulat menghentikan semua aktivitasnya makan dan minum, lebih dari itu, dia pun menyepi dan kemudian menjadi seekor kepompong.

Selama itu pula, si Ulat tidak lagi bertegur sapa dengan tetangga sekitarnya, melihat makluk lain yang kerap menggangu bahkan memangsanya. Si Ulat menjalani proses yang berat dan tiba pada waktunya kemudian menjadi seekor kupu-kupu yang cantik.

Nah, begitulah manusia yang tengah menjalani ibadah puasa berproses, Allah SWT meminta manusia berproses secara alami, menjalani ibadah puasa selama 30 hari.

Halaman
123
Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help