Hikmah Ramadhan, Berpuasalah Seperti Ulat Jangan Seperti Ular, Begini Perbedaannya

Nah, dari puasa kedua hewan inilah kita bisa mendapatkan hikmah berpuasa sebagai seorang mukmin. Ada semacam pengistilahan

Hikmah Ramadhan, Berpuasalah Seperti Ulat Jangan Seperti Ular, Begini Perbedaannya
Istimewa
Perbedaan Ulat dan Ular uasai menjalani puasa 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Marhaban ya Ramadhan Puasa Ramadhan, selama 30 hari, artinya ada kurun waktu yang sudah ditentukan Allah SWT dalam setiap tahunnya. Di mana ada tiga tahapan dengan 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari ketiga.

Tahapan ini dijalani secara alami sebagai umat Nabi Muhammad SAW dan secara sempurna dijalankan sesuai dengan tahapan-tahapannya.

Kewajiban berpuasa disebutkan secara jelas dalam Al Quran Surat Al Baqarah:

“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185).

Secara hukum disebut pula sunnatullah. Di bulan Ramadhan, tidak hanya manusia yang berpuasa, dipastikan seluruh mahkluk Allah ikut pula berpuasa. Namun ada fenomena alam yang sudah menjadi hukum alam secara alamiah akan dapat kita lihat dari proses berpuasa hewan yang menjalani hidup secara alamiah.

Contohnya kupu-kupu yang menjalani metamorfisis dari seekor ulat dan ada pula seekor ular yang berpuasa karena hendak mengganti kulit.

Nah, dari puasa kedua hewan inilah kita bisa mendapatkan hikmah berpuasa sebagai seorang mukmin. Ada semacam pengistilahan mau puasa seperti apakah kita sebagai seorang mukmin dan muslim?

Yuk kita ikuti proses puasanya Ulat dan Ular dengan tujuan, tentu saja ingin berubah lebih baik lagi.

A. Puasa Ular
Seekor Ular akan menjalani sunnatullah, sebagai mahkluk hidup, di mana selalu berganti kulit dalam setiap kurun waktu tertentu. Kulit yang sudah tua harus diganti dengan kulit yang lebih mudah.

Ganti kulit seekor ular tidak lah mudah. Dia harus menjalani proses berat, yakni melakukan puasa tanpa makan dan minum.

Halaman
1234
Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help