Berita Muaraenim

Bawaslu Muara Enim Mulai Rekrut Panwascam, Minimal Keterwakilan Perempuan 30 Persen

Dalam perekrutan Panwascam, menggunakan kebijakan affirmative action yakni keterlibatan perempuan 30 persen untuk Panwascam di setiap kecamatan.

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Ahmad Farozi
ardani/sripoku.com
Bawaslu Kabupaten Muara Enim mulai merekrut Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Tampak masyarakat Kabupaten Muara Enim antusias mendaftar jadi calon peserta Panwascam, Rabu (21/9/2022). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim mulai merekrut Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Panwascam yang akan bertugas di Pemilu 2024 itu akan ditempatkan di 22 kecamatan se Kabupaten Muara Enim.

Dalam perekrutan Panwascam ini, menggunakan kebijakan affirmative action yakni keterlibatan perempuan 30 persen untuk Panwascam di setiap kecamatan.

Ketua Pokja Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Muara Enim, Zainudin mengatakan, keterwakilan minimal 30 persen perempuan untuk Panwascam itu sesuai dengan UU No 22 tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu.

Melihat dari aturan ini, keterwakilan perempuan di setiap Panwascam sangat ditekankan minimal 30 persen atau 1 orang dari 3 orang yang akan direkrut di setiap kecamatan. Dan jika lebih dari satu orang akan lebih baik.

Dikatakan, jika kuota perempuan kurang dari 30 persen, maka pendaftaran diperpanjang kembali untuk mendapatkan keterwakilan perempuan tersebut.

"Kita akan perpanjang perpanjang selama lima hari kerja untuk kecamatan yang belum ada peserta perempuannya. Kalau masih tetap tidak ada barulah kita akan mengajukan yang ada saja," ujar Zainudin di Kantor Bawaslu Muara Enim, Rabu (21/9/2022).

Dikatakan, jumlah Panwascam di Kabupaten Muara Enim akan direkrut total sebanyak 66 orang sesuai dengan jumlah kecamatan yang di Kabupaten Muara Enim yakni 22 Kecamatan. Setiap kecamatan akan diambil tiga orang.

Pihaknya optimis, animo masyarakat cukup besar untuk menjadi anggota Paswacam. Karena Bawaslu sudah melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan.

Selain itu juga melakukan pemasangan spanduk terkait informasi pengambilan formulir pendaftaran di kecamatan atau melalui website dan juga bisa mengambil langsung di Kantor Bawaslu.

"Alhamdulilah, antusias masyarakat cukup tinggi, terbukti hari pertama ini sudah banyak yang mendaftar terutama kecamatan yang jauh dari kota Muara Enim seperti Gelumbang, Muara Belida, Semende dan sebagainya," ujarnya.

Dikatakan, bagi pendaftar yang dinyatakan lengkap berkasnya akan dilakukan seleksi secara tertulis pada rentang tanggal 14-16 Oktober 2022, yakni seleksi dengan computer base.

Selain seleksi tertulis, juga tes wawancara pada rentang tanggal 18-22 Oktober. Panwaslu kecamatan akan mulai bertugas untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024 mulai akhir Oktober mendatang.

"Untuk persyaratannya bisa dilihat melalui website ini. Apalagi kami tetap buka meski hari Sabtu dan Minggu dari pukul 08.00-17.00," pungkasnya.

Salah seorang pendaftar, Ria (30) mengaku senang dengan adanya kuota 30 persen perempuan untuk Panwascam. "Saya berharap, bisa terpilih dan lulus sesuai prosedur dan peraturan yang ada," ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved