PERBEDAAN Pangeran Charles vs Ratu Elizabeth II, Ini Kata Pengamat Politik Hubungan Internasional

Dosen jurusan Hubungan Internasional Fisip Unsri, Ferdiansyah R, S.IP, M.A mengatakan sosok Pangeran Charles yang akan menggantikan Ratu Elizabeth II

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: pairat
SRIPOKU.COM/HANDOUT
Dosen jurusan Hubungan Internasional Fisip Unsri, Ferdiansyah R, S.IP, M.A ungkap perbedaan Pangeran Charles dan ratu Elizabeth II. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sepeninggal wafatnya Ratu Elizabeth II, sesuai aturan nantinya Pangeran Charles yang merupakan anak pertama sesuai garis keturunan. 

Dosen jurusan Hubungan Internasional Fisip Unsri, Ferdiansyah R, S.IP, M.A mengatakan sosok Pangeran Charles yang akan menggantikan Ratu Elizabeth II ini nanti seharusnya sama.

Hal ini karena sebenarnya mereka dididik secara eksklusif cara kehidupan Kerajaan. Bahkan kalau mereka ngelantur sedikit kan mereka langsung bisa diadili oleh Kerajaan. 

"Sosok pengganti siapapun itu memang dididik secara spesifik ala Kerajaan dan Pangeran Charles usianya sudah 73 tahun. Artinya dia hidup di dalam atmosfer seperti itu sudah sangat lama.

Dia melihat ibunya bagaimana, tentu doktrinasi dalam Kerajaan sangat kuat ke dia. Pasti dia tidak akan berbeda jauh dengan sosok ibunya," ungkap Ferdi kepada Sripoku.com, Jumat (9/9/2022). 

Foto Ratu Elizabeth II saat naik takhta. Ratu Elizabeth II menjadi raja Kerajaan Inggris menggantikan ayahnya, Raja George VI pada usia yang masih muda, 25 tahun, pada 6 Februari 1952.
Foto Ratu Elizabeth II saat naik takhta. Ratu Elizabeth II menjadi raja Kerajaan Inggris menggantikan ayahnya, Raja George VI pada usia yang masih muda, 25 tahun, pada 6 Februari 1952. ((Cecil Beaton (1904–1980) via WIKIMEDIA COMMONS))

Baca juga: Profil Ratu Elizabeth II, 70 Tahun Bertakhta Kalahkan Masa Keemasan Nenek Buyut Ratu Victoria

Dijelaskannya, paling yang membedakan karena dia cenderung lebih terbuka kepada publik. Mungkin dia akan semisterius ibunya. Mungkin akan banyak pribadinya yang bisa dilihat oleh masyarakat. 

"Pangeran Charles dari dulu sudah tahu dia bakal jadi pewaris tahta. Dan dia dididik untuk menjadi pewaris tahta itu tadi. Kan selalu anak pertama dari raja itu sudah dididik untuk menjadi pewaris tahta. Umumnya Kerajaan begitu" kata Ferdi.

Ferdi yang merupakan alumni Fisip UMY, dan pasca sarjana di UGM memaparkan, 

Ferdi menyebut, Inggris parlemennya yang kuat, Perdana Menteri. Mereka hanya simbol. Berbeda dengan Raja Arab yang sekaligus powerfull. 

Ia menyebut Ratu Elizabeth II merupakan raja yang paling lama di Inggris yang bertahta selama 70 tahun. Sejak tahun 1952 dia sudah naik tahta. Sebenarnya dia masih mewarisi cara-cara monarki lama Inggris. 

Dulu kan Kerajaan Inggris sangat ekslusif, kehadirannya itu memang nyaris tidak pernah mengundang kontroversi, sangat menjaga attitude royal British familynya. 

"Banyak yang ngomong dia jadi simbol yang bisa dikatakan misterius sehingga gerak-geriknya sangat ditunggu-tunggu, dicari-cari. Bahkan ada satu massa memang Ratu Elizabeth ini jadi simbol trend fashion dari dia," kata Ferdi

Dosen jurusan Hubungan Internasional Fisip Unsri, Ferdiansyah R, S.IP, M.A bicara soal invasi Rusia ke Ukraina.
Dosen jurusan Hubungan Internasional Fisip Unsri, Ferdiansyah R, S.IP, M.A bicara soal invasi Rusia ke Ukraina. (Handout)

Nah, berbeda dengan keturunan selanjutnya yang nyaris tidak misterius. Semua kegiatan bisa dipantau oleh publik sebagian besar kita tahu seperti Pangeran Charles pernah menikah dengan Putri Diana (Lady Diana), dapat sorotan publik yang luas. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved