Berita Palembang

Jamin Perlindungan Kecelakaan Kerja Driver Online, BPJamsostek Edukasi Masif Pentingnya Kepesertaan

Keberadaan ojek online di kota-kota besar semakin menjamur. Profesi ini banyak dipilih masyarakat yang ingin bekerja

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Fadhila Rahma
Handout
Momen simbolis pelepasan mitra driver Grab dalam pelayanan pengantaran obat RS Siloam Sriwijaya dan mitra juga tercover BPJamsostek 

SRIPOKU. COM -- Keberadaan ojek online di kota-kota besar semakin menjamur. Profesi ini banyak dipilih masyarakat yang ingin bekerja dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun resiko kecelakaan kerja juga menghantui para mitra driver jasa transportasi online tentunya.

Oleh karena itu, para driver sangat diminta agar  bisa masuk dalam kepesertaan BPJamsostek. Dimana banyak manfaat tambahan yang bisa dirasakan oleh mitra driver bila menjadi peserta terutama tentang perlindungan bila terjadi kecelakaan kerja.

Kepala BPJamsostek cabang Palembang, Ibkar Saloma mengatakan, cakupan untuk jumlah mitra driver yang bergabung dengan kepesertaan BPJamsostek belum begitu besar.

Hanya saja pihaknya terus berupaya mengedukasi baik kepada pihak perusahaan maupun menggandeng paguyuban driver online agar mereka bisa segera mendaftar sebagai peserta BPJamsostek.

"Untuk mitra driver ini harus benar kita 'sentuh', sebab meski ini wajib tapi tak bisa kita mewajibkan mereka karena iuran kembali lagi harus dibayarkan sendiri. Jadi perlu ada sosialisasi, " Jelasnya, Kamis (19/5/2022)

Baca juga: Pastikan Pekerja Sejahtera, Dewas BPJAMSOSTEK Awasi Kebijakan serta Manfaat JKP dan JHT

Baca juga: Di PHK Perusahaan, Peserta BPJamsostek Bisa Dapat Uang Tunai Bantuan Selama 6 Bulan, Ini Syaratnya

Dalam prosesnya, edukasi dilakukan secara masif dengan menggandeng berbagai pihak sehingga diharapkan mitra driver memahami pentingnya mendapatkan perlindungan kecelakaan kerja.

"Kita gandeng kumpulan/komunitas driver, kita edukasi soal manfaat apa saja yang didapatkan. Karena, mereka bisa terlindungi saat kecelakaan kerja dan kematian. Didalam manfaat ini ada beasiswa untuk anak-anak mereka yang dicover BPJamsostek, " Jelasnya.

Sementara itu, Direktur RS Siloam Sriwijaya Palembang dr Bona Fernando menambahkan, kepedulian kepada mitra driver ini diwujudkan melalui penyaluran CSR RS Siloam Sriwijaya.

Sebanyak 200 mitra driver Grab telah dibayarkan iuran kepesertaan BPJamsosteknya, guna memberikan perlindungan bagi mitra yang rawan kecelakaan kerja.

"Kami juga memberikan pelayanan kesehatan sepenuhnya untuk mitra driver Grab yang sakit dan sudah tercover dari BPJamsostek, " Katanya.

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved