Breaking News:

JIKA Gunung Dempo Erupsi, Jalur Evakuasi Sudah Ada, Walikota Pagar Alam Sebut Kampung IV Masih Aman

Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni menegaskan terkait meningkatnya status Gunung Api Dempo (GAD) dari Level I Aktif Normal menjadi waspada

Penulis: Wawan Septiawan | Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/Wawan Septiawan
Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni saat meninjau Pos Pengamatan Gunung Api Dempo (GAD). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGAR ALAM - Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni menegaskan bahwa saat ini terkait meningkatnya status Gunung Api Dempo (GAD) dari Level I Aktif Normal menjadi Level II Waspada Kota Pagar Alam belum akan melakukan evakuasi masyarakat Pagar Alam.


Pasalnya berdasarkan hasil rekomendasi pihak Pos Pengamatan GAD radius yang tidak boleh didekati yaitu Radius 1 Kilometer dari pusat kawah Dempo dan 2 kilometer melalui sektor utara atau dari arah Kabupaten Empat Lawang.


"Permukiman paling dekat saja dengan Gunung Api Dempo berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kawah yaitu Kampung IV masih aman jika berdasarkan rekomendasi tersebut," ujar Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni.


Jadi Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam belum akan melakukan evakuasi masyarakat terkait kenaikan status GAD tersebut.


"Belum ada evakuasi masyarakat Pagar Alam sampai saat ini, pasalnya status waspada ini sudah biasa terjadi setiap tahun dan jarak permukiman warga juga masih jauh dari pusat kawah Dempo," katanya.


Terkait jalur evakuasi Wako mengatakan bahwa hampir semua jalur evakuasi yang ada di Pagar Alam sudah memadai bahkan sudah aspal.


"Untuk jalur di Kampung IV saja sudah kita bangun, jadi tidak ada lagi jalur evakuasi kita yang jalannya masih tanah. Jadi jika memang nanti akan ada evakuasi maka akan mudah melakukan evakuasi warga yang berada dikaki Gunung Dempo," jelasnya.


Sebagai daerah yang memiliki Gunung Api, kewaspadaan tetap harus ada. Namun masyarakat tidak perlu panik berlebihan terkait peningkatan status GAD tersebut.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved