Breaking News:

Donor Darah

Ingin Donor Darah Setelah Vaksinasi Covid-19? Perhatikan Beberapa Syarat Ini

Dalam pelaksanaannya, donor darah di situasi pagebluk mengalami penyesuaian, terutama bagi pendonor yang baru menjalani vaksinasi atau sempat positif.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: pairat
Dok Kodim 0418/Palembang
Kodim 0418/Palembang dibantu Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan donor darah, Jumat (3/4/2020). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG  - Program donor darah terus digencarkan selama masa pandemi Covid-19. Ini karena kebutuhan darah yang meningkat selama pandemi.

Khusus di kota Palembang mulanya kebutuhan darah hanya 5.000 kantong per bulan, namun terjadi peningkatan menjadi 7.000 kantong karena tingginya permintaan stok darah dari pasien positif Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, donor darah di situasi pagebluk mengalami penyesuaian, terutama bagi pendonor yang baru menjalani vaksinasi atau sempat dinyatakan sembuh dari infeksi virus korona.

Ketua Unit Donor Darah (UDD) PMI Sumsel Kemas Yakub, menjelaskan, orang yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 tetap bisa melakukan donor darah.

"Tidak masalah secara medis. Tapi kalau merasa kurang yakin atau ada efek setelah vaksin boleh tunda dulu donor darahnya," ujar Kemas, Jumat (24/12/2021).

Syarat donor darah setelah vaksinasi kedua yakni harus memberikan jeda waktu lebih dari dua pekan untuk donor darah.

Bukan hanya masyarakat biasa, donor darah juga dapat dilakukan oleh orang yang pernah dinyatakan positif atau penyintas Covid-19.

Proses donor darah bisa dilakukan sejak hari ke 21 hingga ke 28 sejak dinyatakan sembuh dari infeksi virus korona.

"Kesembuhan dinyatakan dengan ada dokumen hasil pemeriksaan PCR negatif," katanya.

Mekanisme donor darah bagi penyintas Covid-19 pun sama seperti untuk relawan donor lainnya. Tidak ada skrining khusus untuk pendonor darah yang sebelumnya pernah dinyatakan positif Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved